Anies Minta Warga Patuhi PSBB Saat Lebaran: Kalau Nggak Disiplin Nanti Susah

Herianto Batubara - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 09:50 WIB
Gubernur Anies Baswedan memaparkan data, 19 Mei 2020. (YouTube Pemprov DKI)
Gubernur Anies Baswedan saat memaparkan data terkait Pandemi Corona. (YouTube Pemprov DKI)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga tetap mematuhi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Hari Raya Idul Fitri terkait adanya pandemi Corona (COVID-19). Dia mengingatkan, jika warga tidak disiplin, akan susah bagi Jakarta untuk masuk ke tahap new normal atau normal baru.

"Jadi hari ini jadi unik karena biasanya kalau kita Lebaran, salaman ketemu langsung. Sekarang pertama kali nih kita Lebaran jarak jauh. Mudah-mudahan teman-teman juga semua Lebaran-nya ikut pembatasan sosial biar kita bisa segera kembali di Jakarta, kembali menuju normal baru," kata Anies lewat akun Instagram-nya, Minggu (24/5/2020).

"Karena kalau kita nggak disiplin, nanti susah kita bisa cepat kembalinya. Insyaallah," sambungnya.

Anies sendiri bersama keluarganya melaksanakan salat Id di rumah. Dalam video, tampak Anies bersama ibundanya, Aliyah Rasyid Baswedan; istrinya, Fery Farhati; serta putra-putrinya, yaitu Kaisar Hakam, Mutiara Annisa, Mikail Azizi, dan Ismail Hakim.

Anies mengatakan dia akan berlebaran dengan keluarga besarnya via aplikasi Zoom. Dia memperlihatkan layar laptop yang menunjukkan keluarganya dari berbagai wilayah bersilaturahmi secara virtual.

Di Jakarta sendiri umumnya warga melaksanakan salat Id di rumah atau lingkungan masing-masing dengan tetap menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan. Meski begitu, masih ada juga masjid yang melaksanakan salat Id, seperti Masjid Jami Nurul Islam di Jalan Bangka I, Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan.

Tonton juga video Pak Anies, PSBB di Jakarta Dilanjutkan atau Tidak?:

(hri/hri)