Cerita Warga Tetap Ikut Salat Id di Masjid Mampang Meski Pandemi Corona

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 09:17 WIB
Warga tetap salat Id jemaah meskin pandemi Corona
Foto: Warga tetap salat Id berjemaah meski pandemi Corona (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah telah mengimbau warga untuk melaksanakan kegiatan salat Id di rumah selama masa pandemi Corona (COVID-19). Namun, masih terdapat masjid di Jakarta yang mengadakan kegiatan salat Id berjamaah.

Salah satu warga bernama Irwansyah (32) mengungkapkan dirinya sengaja ke Masjid Jami Nurul Islam di kawasan Mampang, Jaksel, yang masih melakukan kegiatan salat Id. Dia juga mengajak keluarganya untuk menunaikan ibadah salat Id di masjid tersebut.

"Saya sih aslinya di seberang (rumahnya), Kebayoran Baru. Kan kalau ini masuknya Mampang nih. Saya di Kebayoran Baru salat Id masjid semua ditutup. Makanya saya cari yang buka aja di mari," kata Irwansyah, di lokasi, Minggu (24/5/2020).

Warga tetap salat Id jemaah meskin pandemi CoronaSalah seorang warga tetap salat Id jemaah meski pandemi Corona Foto: Rahel Narda

Irwansyah pun mengatakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini banyak masjid yang ditutup akibat terdampak virus Corona. Dia menjelaskan kegiatan salat Id hanya dilakukan setahun sekali. Hal ini yang membuat Irwansyah turut melaksanakan salat Id di Masjid Jami Nurul Islam.

"Kita nyari abis jam 5 keliling nyari lokasi masjid yang buka salat Id nya. salat Id-nya kan setahun sekali. Setahun sekali seumur hidup. Insyallah takutnya tahun depan nggak bisa salat Id kan repot juga gitu," ucap Irwansyah.

Meskipun MUI telah mengeluarkan fatwa agar tidak melakukan kegiatan salat Id selama pandemi COVID-19, menurut Irwansyah itu bukan hal yang harus dibesar-besarkan. Dia mengatakan penyakit akan datang dengan sendirinya jika memang sudah waktunya.

"Saya sih menanggepinya nggak terlalu heboh sih ya. Namanya penyakit kan, ya sudah waktunya sakit ya sakit. Yang penting kita bisa jaga kesehatan aja gitu," tutur Irwansyah.

Tonton video Warga Salat Id di Masjid Nurul Islam Mampang, Begini Suasananya:

Selanjutnya
Halaman
1 2