Bermasker-Jaga Jarak, Ratusan Warga Salat Id di Masjid Jami'ul Ihsan Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 08:24 WIB
Salat Id di Makassar
Foto: Salat Id di Makassar. (Hermawan Mappiwali/detikcom).
Makassar -

Sejumlah masjid di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tetap menggelar salat Id. Sejumlah protokol kesehatan dijalankan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Pantauan detikcom, salat Id tetap digelar di Masjid Jami'ul Ihsan, Panakkukang, Makassar, pada Minggu (24/5/2020). Salat Id di masjid ini diikuti sekitar 200-300 warga.

Masjid Jami'ul Ihsan menerapkan sejumlah protokol kesehatan bagi jemaah yang datang ke masjid, mulai dari pembagian masker, pemeriksaan suhu tubuh jemaah di gerbang masjid, hingga penyediaan hand sanitizer di sejumlah titik, termasuk di area tempat wudhu.

Selain itu, pihak panitia masjid juga tampak telah memberi tanda khusus pada barisan saf jemaah dengan pola papan catur sebagai penerapan social distancing saat salat berlangsung. Masyarakat melaksanakan salat Id dengan menerapkan jaga jarak. Untuk diketahui, Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Makassar tidak diperpanjang.

"Begitu PSBB tidak dilanjutkan, itu jemaah antusias bahwa ini sudah bisa salat Id. Jadi saya merespons agar ketua panitia segera mencari tahu seperti apa prosedurnya," ujar Ketua Masjid Jami'ul Ihsan, HM Aras saat ditemui detikcom, selepas salat Id.

Aras mengungkap awal mula keputusan pihaknya memilih tetap menggelar salat Id di tengah wabah Corona. Selain mencari tahu prosedur, ia mengklaim telah berkoordinasi dengan lurah setempat. Hasilnya, pihak masjid diberi izin untuk menggelar salat Id di tengah wabah Corona.

Salat Id di MakassarSalat Id di Makassar Foto: Salat Id di Makassar. (Hermawan Mappiwali/detikcom).

"Jadi saya pertama merujuk ke Pemerintah setempat yang paling dekat, yaitu Pak Lurah. Alhamdulillah setelah berembuk 2 hari, ada respons dari Pak Lurah kata Ketua Panitia, dengan syarat menjalankan protokol kesehatan," katanya.

"Jadi kita siapkanlah masker, hand sanitizer kita sebar di area masjid untuk memudahkan jemaah, dan terus kita imbau agar jemaah agar terus jaga jarak," imbuh Aras.

Selanjutnya
Halaman
1 2