Round-Up

Heboh Pedagang Bongkar Besi Pembatas Pasar Payakumbuh

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 05:39 WIB
Viral Pedagang Bongkar Besi Pembatas Akses Masuk ke Pasar Payakumbuh
Foto: Tangkapan layar Instagram
Jakarta -

Viral video yang menampilkan para pedagang yang membongkar paksa besi pembatas akses masuk ke salah satu pasar di Payakumbuh, Sumatera Barat. Video insiden yang disebut karena miskomunikasi itu bikin heboh.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (22/5/2020) sore. Dalam video yang beredar, tampak sejumlah orang membongkar besi-besi pembatas. Mereka tampak emosi dan berteriak. Para pedagang tampak adu mulut dengan petugas kepolisian yang berjaga.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan menuturkan peristiwa yang terjadi hanyalah miskomunikasi. Miskomunikasi yang terjadi, lanjut Dony, lantaran terdapat salah satu petugas yang melarang pedagang berjualan.

Hal tersebut membuat para pedagang naik pitam dan membongkar besi pembatas. "Miskomunikasinya adalah kita dari gugus tugas ingin menertibkan bahwa di bawah Pasar Kanopi itu tidak boleh ada parkir, makanya kita batasi di sana dikasih pembatas besi yang tidak boleh adalah parkir," ujar Dony.

"Kita ingin supaya dibawa pasar kanopi itu tidak ada lagi yang parkir, tidak boleh ada padat-padatan lagi yang parkir dan mepet-mepet," tutur Dony.

Pengunjung pasar, sebut Dony, wajib melewati jalur cek poin yang telah disediakan petugas. Jalur itu merupakan akses satu-satunya memasuki pasar.

"Pengunjung Pasar Kanopi harus melewati cek poin itu, cek suhu, kemudian cuci tangan, pakai masker, baru boleh lewat, itu sistem yang mau kita bangun supaya PSBB kita bermanfaat, tidak cuma di atas kertas doang," imbuh Dony.

Selanjutnya
Halaman
1 2