DMI DKI Jakarta Tegaskan Anggotanya Tak Ada yang Gelar Salat Id

Yulida Medistiara - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 22:08 WIB
France has around 2,500 mosques and prayer halls across the country (AFP Photo/Joel Saget)
Foto ilustrasi masjid: AFP Photo/Joel Saget
Jakarta -

Ketua pimpinan wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta Makmun Al Ayubbi menegaskan seluruh masjid anggotanya sepakat tidak menggelar salat Idul Fitri. Ia mengatakan tidak memiliki data masjid mana yang besok akan tetap mengadakan salat Id berjamaah.

"DMI sudah jelas sepakat menyerukan anggotanya masjid untuk shalat Idul fitri di rumah masing-masing. Jadi tidak punya data siapa yang akan menggelar shalat Id besok," kata Makmun, saat dihubungi, Sabtu (23/5/2020).

Ia mengibaratkan jika ada masjid yang tetap melaksanakan salat Id bersama pun tidak akan meminta izin. Akan tetapi pihaknya akan mendapatkan informasi laporan dari pihak kelurahan.

"Andaikan ada juga mereka nggak berani izin. Insya Allah jika nanti ada informasi dari pimpinan Rating DMI Kelurahan kita sama-sama saling memberikan informasi," ungkapnya.

Sementara itu jika ada masyarakat yang menggelar salat Id di lapangan, maka hal itu menjadi kewenangan pihak pemerintah setempat. DMI mengimbau masyarakat tetap melaksanakan salat Id di rumah.

Selanjutnya
Halaman
1 2