Beredar Supermarket Disebut Pura-pura Mati Lampu Padahal Buka, Ini Faktanya

Yulida Medistiara - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 21:36 WIB
Supermarket di Bogor buka
Foto: Supermarket di Bogor tetap buka (dok. istimewa)
Jakarta -

Beredar informasi di media sosial sebuah supermarket di daerah Parung, Bogor disebut pura-pura mati lampu padahal buka untuk kelabui PSBB. Atas kejadian tersebut Camat Parung Yudi Santosa melakukan pengecekan ke lokasi.

"Intinya dengan informasi-informasi itu kita lakukan sidak besoknya. Itu kan informasi menyebar hari Kamis. Sidaknya hari Jumat sesuai dengan informasi itu," kata Yudi, saat dihubungi, Sabtu (23/5/2020).

Saat melakukan pengecekan pada Jumat (22/5) sejak pukul 11.00 hingga siang hari, Yudi menemukan toko pakaian dan supermarket tetap buka. Toko pakaian tersebut diminta ditutup, sedangkan supermarket tetap diizinkan buka dan melayani warga.

"Nah ternyata hasilnya seperti itu masih buka tapi yang buka yang kebutuhan pangannya, memang pada waktu kita cek di sana pakaian pun dibuka nah kita akhirnya minta untuk ditutup yang pakaiannya kalau pangannya silakan," kata Yudi.

Supermarket di Bogor tetap bukaFoto: Supermarket di Bogor tetap buka (dok. istimewa)

Meski begitu menurutnya protokol kesehatan menjaga jarak saat masyarakat antre di kasir maupun saat masuk ke dalam toko sudah berlangsung baik. Ia menyebut di dalam supermarket itu kondisinya tak ramai.

Yudi mengatakan hingga kini hanya supermarket yang diperkenankan buka agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan, sementara toko pakaian ditutup. Pihaknya sudah memberi teguran kepada pihak pengelola supermarket tersebut.

"Kita kasih peringatan. Kita kasih teguran dan permintaan yang kalau pangannya untuk buka yang baju tutup," sambungnya.

(yld/rfs)