Tak Ada Antrean Panjang Saat Malam Lebaran di Check Point GT Cikarang Barat

M Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 20:56 WIB
Check point GT Cikarang Barat
Foto: Check point GT Cikarang Barat/M Ilman Nafi'an
Jakarta -

Suasana lalu lintas malam lebaran di check point penyekatan arus mudik gerbang tol (GT) Cikarang Barat terpantau lengang. Hingga saat ini, petugas terus meminta para pengendara mobil untuk putar balik kembali ke Jakarta.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 20.15 WIB, suasana arus lalu lintas tak terlihat adanya antrean panjang. Bahkan, dalam beberapa saat kendaraan benar-benar tak ada yang melintas pos check point GT Cikarang Barat.

Apabila ada antrean, panjang ekornya pun tak sampai 30 meter. Karena arus lalu lintas lengang, petugas hanya memberlakukan satu lajur saja. Tujuannya untuk memperlambat kendaraan agar petugas lebih aman dalam menghentikan laju mobil.

Berdasarkan data yang ada di post check point GT Cikarang Barat pukul 18.00-20.00 WIB, ada 262 kendaraan yang diminta keluar GT Cikarang Barat untuk kembali ke Jakarta. Sementara, apabila ditotal sejak pukul 06.00-20.00 WIB sudah ada 3.279 kendaraan yang dikeluarkan di GT Cikarang Barat.

Sebelumnya, Kakor Sabhara Baharkam Polri, Irjen Wahyudi Hidayat mengatakan, puncak orang yang hendak mudik atau terjadi pada Kamis (21/5). Hal ini karena bertepatan dengan tanggal merah libur Kenaikan Yesus Kristus.

"Kalau tadi kiat melihat prosentase dari kaposko itu menurun. Kemarin waktu malam Kamis itu tinggi. Karena ada hari libur tanggalan merah, dia tinggi, tapi hari ini landai lagi," kata Wahyudi di GT Cikarang Barat, Jumat (22/5).

(zlf/zlf)