Banyak Cara #AntarkanSemangat untuk Pejuang Transportasi Saat Pandemi

Abu Ubaidillah - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 20:25 WIB
BNI
Foto: Dok. BNI
Jakarta -

Masa pandemi memiliki imbas yang begitu besar bagi masyarakat Indonesia, khususnya pada sektor ekonomi. Banyak masyarakat memerlukan bantuan supaya bisa tetap bertahan, apalagi di momen bulan suci dan menjelang Lebaran di mana kebutuhan sehari-hari terus meningkat.

Untuk membantu masyarakat yang terdampak ekonomi COVID-19, di media sosial ramai gerakan #AntarkanSemangat. Gerakan #AntarkanSemangat ini merupakan sebuah ide untuk membantu sesama dari BNI di masa pandemi dan bulan Ramadhan. BNI ingin menginspirasi sebuah gerakan positif untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di tengah kondisi yang kurang baik.

Masyarakat hanya perlu mencantumkan hashtag #AntarkanSemangat dan membagikannya di akun media sosial untuk bisa ikut dalam gerakan sosial ini sembari membagikan cerita positif dan kebaikan kepada sesama. Satu semangat berbagi dari #AntarkanSemangat bisa menjadi sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan uluran tangan. Selain melalui postingan di media sosial, gerakan #AntarkanSemangat juga dituangkan dalam bentuk lain.

Kopi Sedetik #AntarkanSemangat

Tergerak bantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19, Niesha ikutan gerakan #antarkanSemangat dari BNI dengan membantu para driver ojol dan sopir taxi.Tergerak bantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19, Niesha ikutan gerakan #antarkanSemangat dari BNI dengan membantu para driver ojol dan sopir taxi. Foto: Tim detikcom

Salah satu yang menarik, gerakan #AntarkanSemangat juga dituangkan dalam bentuk komik yang tayang di detikcom. Komik diterbitkan dalam beberapa episode yang memberi inspirasi sehingga milenial dapat tergerak untuk saling membantu.

Pada episode pertama, Niesha (karakter utama dalam komik ini) tergerak untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19 dengan ikut gerakan #AntarkanSemangat dari BNI kepada driver ojek online dan sopir taksi, apa yang Niesha berikan? Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Episode kedua menjadi semakin seru, ketika Niesha berpuasa, namun Ia tetap ceria untuk
#AntarkanSemangat dari BNI lho! Dia memberikan semangat kepada para driver taksi yang terdampak pandemi. Apa yang dilakukan Niesha? Bisa dilihat selengkapnya di sini.

Lalu dalam episode ketiga, Niesha kian menginspirasi. Kali ini bahkan Ia mengajak temannya, Mas Dev untuk ikut menyebarkan semangat kepada yang membutuhkan. Cerita lengkapnya bisa dilihat di sini.

Kemudian pada episode keempat atau episode terakhir, Niesha memperlebar cakupan bantuannya. Melalui gerakan #AntarkanSemangat dari BNI, bantuan semakin banyak dirasakan oleh para driver. Bagaimana cerita selengkapnya? Silahkan lihat di sini.

Peduli Ojol dan Driver oleh Influencer

Gerakan #AntarkanSemangat ini benar-benar massif dilakukan. Bahkan sejumlah influencer juga turut meramaikan dengan menggunakan jasa ojek online (ojol) untuk mengirim barang.

Seperti Indah Kusuma, dokter sekaligus penyanyi cantik ini membagikan postingannya di Instagram ketika berfoto dengan sopir taksi. Dalam captionnya, Ia menyebut bahwa siapapun bisa berbuat baik di masa pandemi. Ia juga menerangkan bahwa tidak hanya satu cara berbagi kebaikan kepada ojek online atau taksi.

BNIFoto: Dok. Instagram @indahkus_

"Seperti yang pernah ku bahas di webinar lalu, kalau di pandemi ini siapa pun yang berbuat baik akan menularkan untuk orang lain berbuat baik lagi. Sore ini aku mau kirim makanan untuk ibuku yang sedang bekerja ngejelasin panjang lebar soal obat ke pasien di RS. Berhubung aku pun lagi dinas jadi belum bisa pulang ke rumah, uhuhu. Mulai awal pandemi aku selalu ngasih makanan juga ke ojol atau taxi online kalau aku beli makanan atau nganter makanan," ungkapnya dalam caption Instagram @indahkus_.

Semangat serupa juga ditunjukkan oleh Cia Wardhana, seorang MC, blogger, sekaligus traveler ini membagikan momen #AntarkanSemangat melalui akun Instagram pribadinya. Dalam captionnya, Ia bercerita kesehariannya selama #dirumahaja yang lebih sering dihabiskan dengan kirim-kiriman.

Foto: Instagram @ciawardhana

"Belakangan ini jadi sering kirim-kiriman nggak sih karena kita selalu #dirumahaja dan gak bisa ketemu langsung sama temen-temen? Supaya temen-temen di rumah aja jadi semangat ya, kan? Karena jujur aku suka banget unboxing kiriman temen-temen, jadi aku juga mau mereka ngelakuin hal yang sama. Dan selain itu bantu ojol dan supir online juga kan mereka kirim barang dari kita? Double kill!" ucapnya melalui akun @ciawardhana.

Community Movement

Foto: Dok. Generasi HebatFoto: Dok. Generasi Hebat

Sebagai langkah nyata untuk membantu para terdampak COVID-19, BNI menggandeng 10 komunitas
yang tersebar dari DKI Jakarta dan sekitarnya hingga Kota Surabaya. Donasi yang diperoleh dari banyaknya BNI dan detikers yang membagikan postingan #AntarkanSemangat di media sosial periode 6-10 Mei lalu dan dibagikan dengan mengutamakan pekerja di bidang transportasi (ojek online, sopir taksi, dan sejenis).

Sejumlah mitra #AntarkanSemangat membagikan donasi di Jabodetabek dan sekitarnya seperti BenihBaik.com, We Are Charity, Mulai Dari Kita, Mudahebat_id, Kemah Muda, Krucils_id, dan Jendela Jakarta secara bertahap pada 16-22 Mei 2020.

Tak kalah ramai, di kota-kota lain pun banyak mitra #AntarkanSemangat yang menyalurkan donasi, mulai dari Mudahebat_id di Bekasi, Generasi Hebat di Karawang, Kemah Muda yang juga menyalurkan di kota Solo, hingga Sebung Surabaya dan Atapkita.com masing-masing menyalurkannya di Kota Pahlawan.

COO dan salah satu Founder BenihBaik.com, Firdaus Juli menyebut bahwa pihaknya tidak bisa melewatkan kesempatan untuk berperan bersama BNI dan detikcom dalam program #AntarkanSemangat Ramadhan.

"Pekerja di bidang transportasi publik merupakan bagian dari tulang punggung dan motor penggerak roda ekonomi. Peran mereka begitu diperlukan di tengah-tengah pandemi seperti ini, saat masyarakat turut berkontribusi dengan menaati peraturan PSBB, para pejuang transportasi tetap melaksanakan tugas-tugasnya agar kesinambungan tetap berjalan," ujar Firdaus ketika dihubungi detikcom.

Sementara itu, Public Relation Sebung Surabaya, Muhammad Afriyan Putra Nanda menyebut, dengan mengikuti kampanye #AntarkanSemangat Ramadhan, tujuannya agar semua orang yang mengetahui kegiatan ini bisa terinspirasi untuk membuat kegiatan yang sama.

"Semoga donasi berupa paket sembako bermanfaat bagi ojol dan keluarganya. Dan bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari bagi keluarganya. Karena di masa krisis ini penghasilan mereka sangat berkurang drastis, sehingga mereka sulit untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari," terang Afriyan.

Greeting Cards

BNIFoto: Dok. BNI

Menyambut Lebaran 1441 H, meski periode #AntarkanSemangat sudah berakhir, namun masyarakat tetap bisa menyalurkan semangat menghadapi pandemi melalui media sosial sembari merayakan Hari Raya Lebaran 2020 dengan cara berkirim pesan #AntarkanSemangat melalui kartu digital (digital card).

Dengan membagikan kartu digital Lebaran di media sosial dengan pesan #AntarkanSemangat, masyarakat bisa mengucapkan selamat Lebaran, meminta maaf kepada pengikut media sosial, hingga membagikan kutipan inspiratif mengenai Lebaran dan semangat menghadapi pandemi.

Untuk membuatnya pun cukup mudah, caranya yaitu kunjungi https://www.detik.com/ramadan/kartu-ucapan-lebaran-2020, pilih salah satu, tulis ucapan Lebarannya dan bagikan ke media sosial masing-masing. Di sana ada berbagai desain menarik yang bisa kamu pilih sesuai selera masing-masing.

Selain berbagi semangat, masyarakat juga berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik seperti 15 THR masing-masing Rp 1 juta, 15 voucher belanja masing-masing Rp 1 juta, 2 OPPO Reno 2F serta 1 buah iPhone 11 64 GB.

Cara mengikutinya pun sangat mudah, kamu tinggal share sebanyak-banyaknya kartu ucapan Lebaran yang sudah dibuat dengan menyertakan hashtag #AntarkanSemangat dan #bnixdetikcom sebanyak-banyaknya selama periode 18 Mei-15 Juni 2020. Pemenang akan ditentukan berdasarkan caption sosial media yang paling menarik. Info selengkapnya bisa dilihat di sini.

Selama pandemi belum berakhir, yuk terus menyebarkan gerakan #AntarkanSemangat dari BNI ini untuk para masyarakat terdampak COVID-19, khususnya masyarakat terdampak ekonomi agar mereka tetap semangat dan optimis dalam menghadapi masa yang rumit ini. Semakin banyak yang mengulurkan tangan, semakin banyak pula masyarakat yang terbantu.

[Gambas:Video 20detik]

(prf/ega)