Hingga Sore H-1 Lebaran, Lalin di Check Point GT Cikarang Barat Landai

M Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 17:37 WIB
Check point GT Cikarang Barat
Check point GT Cikarang Barat (M Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -
Arus lalu lintas hingga sore ini di H-1 Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di pos check point gerbang tol (GT) Cikarang Barat terpantau lengang. Meski demikian, petugas yang berjaga tetap mengerahkan personel penuh.
Dari pantauan detikcom pukul 16.30 WIB, kendaraan yang melintas hanya beberapa. Hampir tak ada antrean kendaraan yang mengekor hingga ratusan meter.
Bahkan, beberapa detik sempat terjadi kekosongan kendaraan yang melintas di lokasi check point. Berdasarkan data yang ada di pos check point GT Cikarang Barat, sudah ada 2.315 kendaraan dari pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.
Saat ini, polisi menerapkan sistem satu lajur di lokasi check point. Tujuannya agar kendaraan yang lengang itu dapat memperlambat kendaraannya dan tidak membahayakan petugas yang berjaga.
Kakor Sabhara Baharkam Polri Irjen Wahyudi Hidayat mengatakan puncak orang yang hendak mudik terjadi pada Kamis (21/5). Hal ini karena bertepatan dengan tanggal merah libur Kenaikan Yesus Kristus.
"Kalau tadi kiat melihat prosentase dari kaposko itu menurun. Kemarin waktu malam Kamis itu tinggi. Karena ada hari libur tanggalan merah, dia tinggi, tapi hari ini landai lagi," kata Wahyudi di GT Cikarang Barat, Jumat (22/5).

(zlf/zlf)