Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Padang Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Jeka Kampai - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 13:14 WIB
Couple of glowing Moroccan ornamental lanterns on the table. Greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem, festive blue night background with glittering golden bokeh lights.
Ilustrasi Idul Fitri (Foto: iStock)
Padang -

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat, sudah merayakan Idul Fitri 1441 H hari ini. Para jemaah telah menggelar salat Id pagi tadi.

"Berdasarkan penanggalan kita, 1 Syawal 1441 Hijriah jatuh pada hari ini, Sabtu, 23 Mei 2020," kata salah satu Imam Tarekat Naqsabandiyah Padang, Zahar, Sabtu (23/5/2020).

Salat Id digelar di berbagai tempat. Salah satunya di Surau Batu, Padang.

Para jemaah terlihat khusyuk mengikuti salat Id berjemaah meski berada di tengah pandemi Corona. Zahar mengatakan salat Id juga digelar oleh jemaah Tarekat Naqsabandiyah di luar Padang.

"Makanya kita sekarang melaksanakan salat Id. Di mana pun pengikut Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan salat Id hari ini," ujarnya.

Naqsabandiyah selalu menetapkan awal Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha lebih awal dari pemerintah. Ada 50 surau dan masjid Tarekat Naqsabandiyah dengan jemaah lebih dari 1.500 orang di Kota Padang dan belasan ribu di Sumbar.

Selain Naqsabandiyah, ada aliran Sattariyah di Sumbar. Jemaah Sattariyah biasanya melaksanakan puasa dan Lebaran lebih lambat dibanding keputusan pemerintah.

Jokowi: Idul Fitri Kali Ini Berbeda, Menuntut Pengorbanan Kita Semua:

(haf/haf)