Ajak Umat Salat Id di Rumah, Imam Besar Istiqlal: Wajib Jaga Kesehatan Diri

Tiara Aliya A - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 12:44 WIB
Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Nasaruddin Umar
Imam Besar Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar. (Foto: Screenshoot 20detik)
Jakarta -

Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar mengajak umat Islam melaksanakan salat Idul Fitri 1441 H di rumah karena saat ini tengah dalam masa pandemi virus Corona (COVID-19). Nasaruddin menekankan wajibnya menjaga kesehatan diri dan keselamatan keluarga.

"Kita tahu masjid tempat bermunajah. Saya ingatkan pergi ke masjid itu sunah, (salat) Idul Fitri sunah, tapi memelihara kesehatan dan keselamatan keluarga itu wajib," kata Nasaruddin dalam konferensi pers di saluran YouTube BNPB, Sabtu (23/5/2020).



Nasaruddin menuturkan, dalam beribadah, umat Islam harus mengutamakan ibadah wajib ketimbang sunah. Ibadah salat Idul Fitri termasuk ibadah sunah.

"Mari kita menghemat umur, berikhtiar, memilih takdir yang lebih prospektif inilah ajaran islam sesungguhnya. Sekali lagi mari kita memilih takbir di rumah kemudian mari kita memilih salat Id di rumah. Petunjuknya sudah banyak di media sosial yang disebarkan MUI," katanya.



Nasaruddin juga menceritakan kala Rasulullah SAW pernah meminta sahabatnya tidak pergi ke masjid. Sebab, saat itu kota Madinah sedang hujan deras.

"Rasulullah SAW sewaktu di Madinah meminta sahabatnya untuk tidak ke masjid karena ini hujan deras. Itu hujan air, tapi di luar kita ini kan 'hujan' Corona, hujan air saja Rasulullah SAW meminta kepada sahabatnya tidak perlu ke masjid, salatlah di rumah. Apalagi ini hujan virus Corona yang sangat mematikan itu," ujar Nasaruddin.

(dkp/dkp)