Round-Up

Ingar Bingar di Pasar Meski Ada Pembatasan Sosial Berskala Besar

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 07:56 WIB
Sejumlah pengunjung memadati Pasar Tengah di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (22/5/2020). Pasar Tengah yang merupakan pasar tradisional tertua di Kota Pontianak tersebut ramai dikunjungi masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan lebaran. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG
Jakarta -

Lautan manusia mewarnai wajah pasar tradisional di Jakarta saat H-2 Lebaran. Warga yang menyemut di pasar saat masa Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) menjadi sorotan.

Warga berbondong-bondong pergi ke pasar untuk berbelanja kebutuhan bahan pokok hingga membeli baju Lebaran. Ramainya warga membuat lalu lintas di sekitar area pasar menjadi macet.

Kondisi ini disesalkan terlebih terjadi saat penerapan PSBB di Ibu Kota masih berlaku. Petugas Satpol PP terus berupaya melakukan penertiban pengunjung pasar.

Berikut kisah hiruk pikuk lautan manusia di pasar Jakarta jelang Lebaran saat PSBB:


Pasar Tanah Abang

Pada H-2 Lebaran Idul Fitri 1441 H, Pasar Tanah Abang masih ramai dikunjungi meski ada PSBB. Satpol PP bergerak cepat mengurai keramaian.

"Sudah dijaga di sana, ada penjagaan anggota saya kurang lebih 150 orang di sana," ujar Kasatpol PP DKI Arifin saat dihubungi, Jumat (22/5/2020) sekitar pukul 12.00 WIB.

Arifin mengatakan, jajarannya di lapangan telah memberikan peringatan kepada pedagang dan pembeli. Tidak hanya itu, menurutnya, pedagang yang tidak mengikuti ketentuan akan diminta untuk tutup.

"Tetap dikendalikan mereka-mereka pedagang yang tidak memenuhi ketentuan tetap disuruh tutup. Kaki limanya disuruh tutup dulu," kata Arifin.

"Sudah ada pengamanan, mengingatkan, sudah dijaga diingatkan, baik para pedagang maupun pembeli supaya tidak beraktifitas yang tidak penting," sambungnya.

Arifin mengimbau agar masyarakat tetap di rumah. Hal ini disebut untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19.

"Lebaran di rumah saja, salat Id di rumah, lebih aman di rumah lebih sehat di rumah, nggak usah beli baju lebaran. Daripada tertular COVID-19 karena berdesak-desakan," pungkasnya.


Pasar Kramat Jati

Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur terpantau ramai hari ini. Padahal, saat ini penerapan PSBB masih berlaku.

Pantauan detikcom, banyak orang berbelanja di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (22/5/2020). Keramaian sudah terlihat sejak dari tempat parkir.

Bahkan salah satu tempat parkir sepeda motor di pasar tersebut penuh. Para pengunjung tampak berlalu-lalang di sekitar pasar.

Kemudian, suasana penuh sesak dengan sudah langsung terasa sejak masuk ke dalam pasar. Terlihat pengunjung pasar saling berdesak-desakan satu sama lainnya.

Meskipun demikian, banyak pengunjung di Pasar Kramat Jati itu terlihat tetap memakai masker. Kebanyakan dari mereka berbelanja kebutuhan pokok seperti, beras, sayur hingga daging.

Salah satu pengunjung Pasar Kramat Jati, Ita mengaku sebenarnya was-was ketika harus belanja di tengah pandemi Virus Corona. Namun, menurutnya tidak ada pilihan dirinya tetap harus berbelanja untuk kebutuhan.

"Sebenarnya takut tapi karena kebutuhan mau lebaran ya jaga-jaga aja belanja seperlunya aja," ucap Ita ditemui di Pasar Kramat Jati, Jaktim.

Simak video Warga Juga Padati Pasar Senen Jelang Lebaran:

Selanjutnya
Halaman
1 2