Blak-blakan Mensos Jualiari P Batubara

Kemensos Berjibaku Salurkan Bansos Sesuai Target Jelang Lebaran

Deden Gunawan - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 07:22 WIB
Mensos Juliari P Batubara
Mensos Juliari P Batubara (Foto: Fuad Hasim)
Jakarta -

Menteri Sosial Juliari P Batubara menyatakan hingga sehari menjelang lebaran penyaluran bantuan sosial tunai di tahap I maksimal baru akan menjangkau 8,3 dari 9 juta Kepala Keluarga yang menjadi target. Prinsipinya semua penerima bansos sembako maupun tunai yang sudah terdata secara clean dan clear harus mendapatkan tiga kali.

Untuk mencapai target itu, PT Pos telah memperbanyak loket, lokasi, dan durasi pendistribusian. Selain itu, untuk warga yang sudah uzur PT Pos akan mengantar langsung ke alamat yang bersangkutan.

"Tapi di beberapa daerah yang saya lihat langsung, meskipun ada yang sudah sepuh tapi terlihat happy untuk datang langsung ke kantor Pos. Ya, mungkin itu bagian jadi hiburan juga setelah lama berdiam di rumah," kata Juliari kepada tim Blak-blakan detik.com, Jumat (22/5/2020).

Secara umum dia menyatakan pembagian berbagai bansos berjalan aman, tertib, dan mengikuti protokol kesehatan. Dibanding tahap pertama, data penerima sudah lebih ajeg karena semua pihak terus melakukan pemutakhiran.

"Kita harus fair lah melihatnya. Berapa banyak sih pembagian bansos yang sampai terjadi antrean berjubel dan kacau balau? Kan cuma satu-dua saja," kata Juliari.

Ia menegaskan, pendistribusian semua jenis bansos memang harus cepat tanpa prosedur yang berbelit seperti harapan Presiden. Toh begitu, karena ini menyangkut uang negara yang besar prosesnya tetap harus akuntabel, harus dapat dipertanggungjawabkan agar tidak menjadi persoalan di kemudian hari.

Pembagian sembako tahap ketiga di wilayah DKI Jakarta, kata Juliari, pada Sabtu hari ini telah selesai, meskipun ada penambahan data warga penerima sekitar 300 ribu KK menjadi 1,3 juta KK. Dengan waktu kurang dari dua pekan, tim Kemensos telah menuntaskan distribusi.

Bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 diberikan selama tiga bulan, berupa sembako dan beras dari Bulog yang disalurkan setiap dua pekan. Selain itu ada bantuan tunai di luar Program Keluarga Harapan maupun Kartu Sembako untuk 9 juta KK di luar Jabodetabek. Setiap keluarga mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama tiga bulan melalui PT Pos dan sekitar 5 persen lewat empat bank milik negara (Mandiri, BRI, BNI, BTN).

Selengkapnya saksikan Blak-blakan Menteri Sosila Juliari P Batubara, "Berjibaku Penuhi Target Bansos Jokowi" di detik.com, Sabtu (23/5/2020).

[Gambas:Video 20detik]



(jat/jat)