Round-Up

Saat Jokowi dan Para Menteri Tak Akan Gelar Open House Idul Fitri Gegara Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 06:38 WIB
Jokowi Ikuti Rapat Virtual KTT Luar Biasa G20 Bahas Penanganan Corona
ilustrasi (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar open house di Istana rutin dilaksanakan saat Lebaran. Namun, Idul Fitri 1441 hijriah kali ini berbeda.

Istana memastikan Jokowi dan anggota kabinet tidak akan menggelar open house saat Idul Fitri nanti.

Open house tak digelar karena memungkinkan adanya pertemuan massa dan interaksi jarak dekat yang berpotensi terjadinya penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Presiden dan jajarannya tidak akan mengadakan open house saat Idul Fitri nanti. Tidak pernah ada pembahasan di dalam rapat terkait rencana open house. Ini bagian dari konsistensi pemerintah untuk menerapkan physical distancing di semua aktifitas," kata juru bicara Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (22/5/2020).

Menurut dia, silaturahmi Lebaran bisa dilakukan secara daring. "Kita bisa saling bersilaturahmi secara daring pada saat lebaran nanti dengan sanak keluarga, kerabat, dan sahabat tanpa harus memaksakan diri untuk melakukan pertemuan fisik," imbuh Angkie.

Angkie mengatakan Jokowi sangat memahami bahwa Lebaran merupakan momentum untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. Namun pandemi virus Corona (COVID-19) yang masih belum berakhir tak memungkinkan adanya open house.

Selanjutnya
Halaman
1 2