Ustaz Abdul Somad Imbau Warga Sholat Idul Fitri di Rumah Aja: Nang Omah Ae

Niken Widya Yunita - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 17:48 WIB
Ustaz Abdul Somad menegaskan dirinya tak perlu minta maaf soal video salib yang beredar luas. Somad menegaskan yang dibicarakannya adalah soal akidah Islam.
Foto: Agung Pambudhy/Ustaz Abdul Somad Imbau Warga Sholat Idul Fitri di Rumah Aja: Nang Omah Ae
Jakarta -

Ustaz Abdul Somad juga merupakan salah satu ustaz yang mengimbau masyarakat untuk sholat Idul Fitri di rumah. Menurut ustaz yang akrab disapa UAS ini, nang omah ae.

"Jamaah di manapun berada, kawan-kawan, sahabat-sahabat, Untuk Idul Fitri tahun ini gimana kalau kita tidak usah mudik, tidak usah pulang kampung dulu, stay at home, nang omah ae, tu nak di rumah aja," ujar Ustaz Abdul Somad dalam video yang dikirim kepada detikcom, Jumat (22/5/2020).

Menurut Ustaz Abdul Somad, tentang tata cara sholat Idul Fitri di rumah, dia meminta masyarakat mencari di YouTube. Search kalimat 'Tutorial Idul Fitri UAS'.

"InsyaAllah ketemu videonya," ujar ustaz yang baru saja berulang tahun ke-43 ini.

Dalam kesempatan itu, Ustaz Abdul Somad mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk umat Muslim. "Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin, sukses selalu, ingat stay at home, assalamualaikum warohmatullaahi wabarokaatuh," tutur Ustaz Abdul Somad.

Dalam video yang pernah diberikan kepada detikcom dan kini telah beredar di media sosial, Ustaz Abdul Somad menyebutkan tata cara sholat Idul Fitri di rumah. Menurutnya caranya sederhana seperti khutbah Jumatan, yakni hanya takbir dan mengucap bismillah, sholawat, membaca ayat Al-Quran, wasiat takwa, dan berdoa.

"Yang berjamaah lalu khotibnya siapa kalo mau jamaah? Rukun khutbah cuma 5 sholat Idul Fitri. Ada kutbahnya sama seperti khutbah Jumat. Berdiri, takbir alhamdulillah, habis itu sholawat, habis itu ayat Al Quran Ya ayyuhalladzina amanu ittaqullah. Kalau nggak hafal, boleh membaca qul huwallāhu aḥad Allahus somad. Setelah itu, wasiat takwa, nggak bisa bahasa Arab (contoh pakai bahasa Indonesia) takut lah kamu kepada corona ini sedang musim corona mudah-mudahan kita (doa baik)," papar dia.

Lalu Ustaz Abdul Somad menyuruh imam untuk duduk. Setelah itu imam sholat Idul Fitri khutbah lagi. Khutbah Idul Fitri dilakukan dua kali.

"Abis itu tegak lagi (berdiri lagi). Ulang lagi, takbir alhamdulillah, habis itu sholawat, habis itu ayat Al Quran Ya ayyuhalladzina amanu ittaqullah. Jamaah sekalian, mari tingkatkan keimanan. Dalam sejarah baru sekali inilah kita sholat Idul Fitri di rumah, selama ini di tanah lapang. Mudah-mudahan kita semakin dekat dengan Allah. Habis itu berdoa pada Allah, nggak bisa pakai Bahasa Arab: Ya Allah lepaskanlah kami dari malapetaka bencana musibah ini ya Allah. Selesai. Tidak ada alasan untuk beribadah," terang Ustaz Abdul Somad.

Selain tata cara sholat Idul Fitri di rumah, Ustaz Abdul Somad juga memberikan ceramah singkat untuk khatib sholat Idul Fitri. Ceramah singkat itu diberikan melalui Instagram-nya.

(nwy/erd)