'Jun Bintang' Ngancam di FB Mau Bom Bali, Ujungnya Dicokok Polisi

Anggariza - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 13:04 WIB
Ditreskrimsus Polda Bali menanggapi serius komentar sebuah akun Facebook yang isinya candaan kasar yang mengandung unsur ancaman akan mengebom Bali. Pemilik akun dicokok.
Foto: Istimewa
Denpasar -

Ditreskrimsus Polda Bali menanggapi serius komentar sebuah akun Facebook yang isinya candaan kasar mengandung unsur ancaman akan mengebom Bali. Pemilik akun dicokok.

"Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Bali telah melakukan penangkapan terhadap 1 orang yang diduga melakukan tindak pidana pengancaman dan menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan," kata Kasubdit V Dirkrimsus Polda Bali AKBP I Gusti Ayu Putu Suinaci kepada detikcom, Jumat (22/5/2020).

Pemilik akun adalah seorang pria bernama Jumadi (25). Nama akun FB-nya 'Jun Bintang'.

"Pelaku membuat komentar pada posting-an seseorang di media sosial Facebook dengan nama akun 'Jun Bintang' dengan kalimat: 'Pasti bisa ke Bali lg tenang saja klok di larang masuk Bali iya boom saja kyk dulu biyar mampus wkwkw'. Kemudian yang bersangkutan mengubah nama akunnya untuk menghilangkan jejaknya," jelas Suinaci.

Saat ini pelaku ditahan di Mapolda Bali. Pelaku dijerat pasal dengan ancaman pidana selama 6 tahun dan denda Rp 1 miliar.

"Saat ini pelaku telah dilakukan penahanan di Rutan Mapolda Bali dengan persangkaan Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar," tegas Suinaci.

Simak video Geger Teror Bom Masjid di Kalteng, Polisi Bekuk Seorang Pemuda:

(tor/tor)