Dari Bekasi Hingga Surabaya, 5 Mitra #AntarkanSemangat Bagikan Donasi

Abu Ubaidillah - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 14:31 WIB
BNI Antarkan Semangat
Foto: Dok Atapkita.com
Jakarta -

Dampak pandemi COVID-19 tidak hanya terjadi di DKI Jakarta saja, melainkan di beberapa daerah lain. 3 Provinsi terbesar di pulau Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur pun mengalami hal serupa yang membuat banyak masyarakat mengalami kesulitan di sektor ekonomi.

Dengan adanya kondisi seperti ini, berbagai pihak tergerak untuk turut serta membantu masyarakat terdampak ekonomi COVID-19 seperti yang dilakukan oleh detikcom melalui kerja sama dengan BNI dalam kampanye #AntarkanSemangat Ramadhan.

Kampanye #AntarkanSemangat ini bertujuan untuk memberi semangat kepada masyarakat terdampak ekonomi COVID-19 melalui pemberian donasi berupa sembako selama bulan Ramadhan dan saat menjelang Lebaran untuk tetap semangat menjalani hidup meski di tengah situasi yang serba sulit.

Sejumlah mitra #AntarkanSemangat membagikan bansos kepada pekerja dengan prioritas yang bekerja di bidang transportasi umum seperti ojek online motor/mobil, supir taksi, dan sebagainya.

Adapun mitra #AntarkanSemangat di Jawa Barat adalah Mudahebat_id yang memberikan donasi kepada masyarakat Bekasi pada 21-22 Mei dan Generasi Hebat yang menyalurkannya ke Masyarakat Karawang pada 21 Mei.

Sementara di Jawa Tengah, ada Kemah Muda yang menyalurkan donasi kepada masyarakat Solo pada 19-22 Mei. Selain Solo, Kemah Muda juga menyalurkan donasi kepada masyarakat Jabodetabek.

Kemudian di Jawa Timur ada dua mitra #AntarkanSemangat yakni Sebung Surabaya yang menyalurkan donasi pada 17 & 20 Mei serta Atapkita.com yang melakukannya pada 17 Mei. Kedua mitra ini masing-masing menyalurkan donasi di Kota Surabaya.

Public Relation Sebung Surabaya, Muhammad Afriyan Putra Nanda menyebut, dengan mengikuti kampanye #AntarkanSemangat Ramadhan, tujuannya agar semua orang yang mengetahui kegiatan ini bisa terinspirasi untuk membuat kegiatan yang sama.

"Semakin banyak orang yang membuat penggalangan dana, semakin banyak orang yang dibantu saat masa krisis ini," ujarnya ketika dihubungi detikcom.

Ia menambahkan, bantuan telah dibagikan tepat sasaran dengan membagikan ke driver ojek online perempuan dan laki-laki. Meski saat pembagian ada beberapa kendala karena pihaknya mencari ojek online yang sesuai kriteria, seperti mengutamakan yang disabilitas, menjadi tulang punggung keluarga, dan memasuki usia lanjut, namun semuanya telah berjalan lancar dan pihaknya berharap bantuan yang dibagikan bisa bermanfaat.

"Semoga donasi berupa paket sembako bermanfaat bagi ojol dan keluarganya. Dan bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari bagi keluarganya. Karena di masa krisis ini penghasilan mereka sangat berkurang drastis, sehingga mereka sulit untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari," lanjutnya.

Sebagai informasi, dana donasi diperoleh dari seberapa banyak BNI dan detikers yang membagikan postingan banner #AntarkanSemangat di Instagram periode 6-10 Mei lalu. Setiap 1 share postingan akan dihitung sebagai 1 semangat berbagi. Makin banyak yang membagikan postingan, semakin banyak pula jumlah donasi yang disalurkan.

(mul/mpr)