Asteroid 1997 BQ Dekati Bumi Hari Ini, Berbahaya Nggak Ya?

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 12:20 WIB
Beberapa bulan terakhir ini bumi terus dihujani oleh partikel asteroid dari luar angkasa. Setidaknya ada fenomena alam yang indah untuk dinikmati seperti hujan meteor Lyrids dan Eta Aquarids. 

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membagikan kalender astronomi yang akan terjadi pada bulan Mei ini. Salah satunya adalah fenomena alam hujan meteor Eta Aquarids yang terjadi tadi malam dan beberapa hari kedepan.
Ilustrasi (Getty Images/Dan Kitwood)
Jakarta -

Sebuah asteroid dikabarkan tengah meluncur mendekati bumi di momen-momen jelang Lebaran ini. Masyarakat tidak perlu resah. Ilmuwan Indonesia menyatakan peristiwa alam ini tidak akan membahayakan planet kita.

Asteroid itu bernama 1997 BQ atau 136795. Asteroid itu mendekati bumi pada Kamis (21/5/2020) pukul 21.44 Universal Time Coordinated atau pada Jumat (22/5) pukul 04.44 WIB subuh tadi.

"Asteroid tersebut (dan beberapa asteroid lain) hanya melintas dekat bumi pada jarak yang aman. Jaraknya lebih jauh dari jarak bumi-bulan," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin kepada detikcom, Jumat (22/5).

Asteroid ini masuk kategori Apollo karena orbitnya melintasi orbit bumi, termasuk potentially hazardous asteroid (PHA), dengan kelas spektral S berkandungan kimia dominan silika berbatu.

"PHA itu definisi teknis, bukan berarti mengancam bumi," kata dia.

Asteroid 1997 BQ (Dok JPL Solar System Dynamics NASA)Asteroid 1997 BQ ada di orbit tata surya. (Dok. JPL Solar System Dynamics NASA)

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2