Round-Up

Travel Gelap yang Masih Jadi Favorit Pemudik Nekat

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 07:35 WIB
Polda Metro Tangkap 95 Travel Gelap Hendak Angkut Pemudik di Jalur Tikus
Foto: (Dok.istimewa)
Jakarta -

Meski polisi telah menangkap sejumlah travel gelap yang menyelundupkan pemudik, namun nyatanya minat masyarakat untuk mudik ke kampung halaman masih tinggi. Terbukti, pada H-3 lebaran polisi mengamankan 95 travel gelap yang hendak mengangkut pemudik dari Jakarta ke Jawa.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menagtakan, travel gelap tersebut ditangkap di jalur arteri dan sebagian besar di jalur tikus. 95 Travel gelap itu ditangkap dalam Operasi Ketupat selama kurang lebih 4 jam mulai pukul 20.00-24.00 WIB pada Kamis (21/5).

"Kami mulai sekitar jam 20.00 WIB malam sampai dengan jam 24.00 WIB kami berhasil mengamankan 95 unit kendaraan terdiri dari 2 unit bus, 40 minibus, serta 53 unit kendaraan pribadi," jelas Sambodo dalam jumpa pers di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (21/5/2020).

Dari 95 travel gelap itu, diamankan 719 penumpang. Tujuan pemudik rata-rata ke Cirebon, tegal, Semarang, Kediri, Pati dan beberapa wilayah lainnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sambodo mengatakan, adanya pembatasan transportasi dalam pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini dimanfaatkan sekelompok oknum untuk menawarkan jasa angkutan mudik.

"Menjelang arus mudik yang seharusnya udah dilarang pemerintah, sehingga kendaraan angkutan umum harus memenuhi protokol kesehatan, kemudian banyak orang menawarkan travel gelap, sehingga merajalela. Oleh sebab itu jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Ditjen Perhubungan Darat tadi malam (Kamis malam-red) melakukan operasi dengan target operasi khusus travel gelap," papar Sambodo.

Sejak larangan mudik diberlakukan, Polda Metro Jaya telah mengamankan 377 travel gelap dan berhasil mencegah 2.225 pemudik yang hendak ke Sumatera dan Jawa.

Selanjutnya
Halaman
1 2