Jelang Lebaran, Andre Bagi 10 Ribu Paket Sembako, Ribuan APD-1.000 Baju Koko

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 16:11 WIB
Tim Gerindra Sumbar Bagikan APD
Dok Gerindra Sumbar
Padang -

Lebaran Idul Fitri 1441 H tahun ini akan dilalui di tengah kondisi pandemi Covid-19. Banyak warga yang terkena dampak pandemi membutuhkan uluran tangan untuk menyambung hidup.

Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Andre mengirim dan membagikan 10 ribu paket sembako, serta ribuan alat Pelindung Diri (APD) menjelang Lebaran Idul Fitri 1441 H ke kampung halamannya. Selain itu pula ada seribu baju koko yang dibagikan. Bantuan dikirim dan diantarkan langsung oleh tim dari Partai Gerindra Sumbar, sejak beberapa hari terakhir.

"Terima kasih Pak Andre, kami telah dibantu sembako, lengkap dengan tepung dan gula yang bisa dipakai untuk kebutuhan Lebaran. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami yang terdampak wabah ini," kata Afrizal, salah seorang warga Banda Puruih yang menerima bantuan.

"Khalmi, warga Belanti, Padang Utara juga mengucapkan hal yang sama karena dia dan sejumlah warga di sekitar rumahnya telah dibantu sembako. "Sekarang hidup begitu sulit. Terima kasih kepada Andre yang peduli terhadap masyarakat Kota Padang," kata Khalmi.

Andre menuturkan puluhan ribu paket sembako juga diberikan sebagian untuk Dharmasraya, Tanahdatar, Padangpariaman, Solok, Sawahlunto, Padangpariaman dan sejumlah titik lainnya. Semua data penerima telah diseleksi oleh Tim AR Center dan Gerindra Sumbar. "Insya Allah, sembako ini akan tepat sasaran bagi mereka yang membutuhkan," kata anggota Komisi VI DPR RI ini kepada wartawan, Kamis (21/5/2020).

Bersamaan dengan sembako, kata Andre, juga dibagikan seribu helai baju koko yang diutamakan untuk garin atau marbot masjid. "Baju koko juga mulai disebar tim. Meski jumlahnya tak banyak, tapi ini adalah penghargaan kami terhadap mereka yang terus menjadi "alarmæ waktu beribadahnya umat Islam. Semoga tahun-tahun ke depan kami bisa memberikan yang lebih untuk para gari ini," kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Di waktu bersamaan Andre kembali menyalurkan APD untuk paramedis di Sumbar. "Barang-barang kebutuhan medis seperti APD disposable, sepatu medik, pompa disinfektan, APD set, masker medik, hand sanitizer dan cairan disinfektan sudah sampai di lokasi tujuan. Tinggal mengirimkan ke rumah sakit atau Puskesmas yang membutuhkan," jelas dia.

APD disebar di Kota Padang, Kabupaten Sijunjung, Dharmasraya, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan dan Tanahdatar. Selain itu, Puluhan ribu masker, juga disebar untuk kebutuhan medis dan masyarakat umum. "Kami akan terus melakukan pembagian-pembagian untuk masyarakat agar mampu bertahan menghadapi wabah yang penderitanya terus bertambah di Sumbar," katanya.

Bantuan ini, sebut Andre, adalah yang kesekian kali dilakukan sejak pandemi covid-19 menyerang. Sebelumnya, Andre telah membagikan ribuan masker untuk medis, puluhan ribu masker nonmedis untuk masyarakat, disinfektan chamber, wazastafel portabel dan lainnya.

"Bersama Tim Satgas Covid-19 Gerindra Sumbar, kami juga melakukan penyemprotan disinfektan hampir di seluruh kelurahan di Kota Padang, termasuk di zona merah atau rumah-rumah keluarga positif covid-19 di Kota Padang, jelas Andre.

Andre berharap, pemerintah baik provinsi dan Kabupaten/Kota menyegerakan penuntasan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan jaringan pengaman sosial (JPS) kepada masyarakat.

(tor/fjp)