BMKG Prediksi Cuaca Buruk Selimuti Sejumlah Wilayah di RI Hingga 22 Mei

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 13:28 WIB
Ilustrasi Hujan Deras Angin Kencang Genangan Air
Foto: Ilustrasi hujan disertai petir/kilat (Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca buruk akan menyelimuti Indonesia hingga 22 Mei esok hari. BMKG meminta masyarakat waspada.

"BMKG memprediksi dalam tiga hari ke depan (20-22 Mei 2020) di beberapa wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat disertai angin kencang kilat/petir," tulis BMKG dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (21/5/2020).

BMKG menjelaskan intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) melintasi wilayah Samudra Pasifik Utara Papua. Keadaan ini menyebabkan daerah di depan muka intrusi kondisi udara menjadi lebih lembab.

Hujan lebat diprediksi akan mengguyur wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara hari ini. Lusa, 22 Mei 2020, BMKG memprediksi beberapa daerah di seluruh pulau di Indonesia masih berpotensi diguyur hujan lebat.

"Untuk wilayah Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada 22 Mei 2020," demikian keterangan BMKG.

"BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," lanjutnya.

Tonton video 'Banjir Rendam Puluhan Rumah dan Persawahan di Polewali Mandar!':

(zak/idh)