Ingatkan Waspada OTG Corona, Menag: Tak Usah Terima Tamu Saat Idul Fitri

Luqman Nurhadi A - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 12:44 WIB
Menag Fachrul Razi hadiri rapat bersama Komisi VIII DPR. Sejumlah hal dibahas di rapat itu, salah satunya soal upaya pencegahan virus corona untuk jemaah haji.
Menag Fachrul Razi. (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyarankan masyarakat tidak menerima tamu terlebih dahulu saat Idul Fitri di tengah pandemi virus Corona. Dia khawatir masih banyak orang tanpa gejala (OTG) yang tidak terdeteksi.

"Menyarankan supaya berlebaran di rumah saja bersama keluarga inti, tidak usah ke mana-mana, dan juga tidak usah menerima tamu. Karena kembali, kita tidak jelas tamu yang datang mungkin membawa virus karena memang banyak sekarang orang tanpa gejala," kata Fachrul melalui siaran langsung di YouTube BNPB, Kamis (21/5/2020).



Fachrul mengimbau masyarakat untuk silaturahmi secara online. Menurutnya, silaturahmi bukan perkara bertemu secara fisik tapi soal kedekatan batin.

"Silaturahmi dapat kita lakukan dengan melalui medsos saja, banyak medsos yang tersedia sekarang contoh melalui HP pun bisa. Karena memang bermaafan silaturahmi tidak harus ketemu fisik, silaturahmi terjadi bukan karena kedekatan fisik tapi karena kedekatan batin dan hati," ungkap Fachrul.

Meski merayakan hari raya di rumah bersama keluarga, Menag mengajak semuanya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menag Imbau Warga Silaturahmi Online dan Tiadakan Takbir Keliling: