Kemenhub: KM 31 Tol Jakarta-Cikampek Macet Tiap Pagi karena Ada Pengecekan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 05:49 WIB
Antrean panjang kendaraan terlihat di Tol Jakarta-Cikampek hari ini, Rabu (20/5/2020).. Berikut potretnya.
Ilustrasi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Sempat terjadi kemacetan di KM 31 Tol Jakarta arah Cikampek jelang pos pengecekan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjelaskan kemacetan itu terjadi setiap pagi karena kendaraan yang melintas harus melewati proses pengecekan.

"Bukan mudik, itu kan masih yang kerja kan yang ke arah Karawang kan. Pagi biasanya itu, pagi itu. Setahu saya kalau pagi itu biasa itu yang ke arah Karawang di check point itu pasti ada antrean, karena memang ada pengecekan," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi saat dikonfirmasi, Rabu (20/5/2020).

Menurut Budi, antrean memang biasa terjadi di titik tersebut. Pasalnya, pengecekan harus dilakukan agar jika ada pemudik yang bandel, kendaraannya akan diputar balik.

"Itu jalur jadi 2 kan, ada yang dibelokkan ke kiri, yang dibuang, ada yang lurus gitu. Jadi di situ memang ada konflik. Kalau ada antrean pasti biasanya kayak gitu kok. Karena kan banyak mobil yang dikeluarkan ke kiri itu dibuang, ke arah Karawang, ke arah Bekasi, ke jalur nasional. Dikembalikan lah, diputar balik. Bukan (antrean pemudik) lah, tiap pagi kayak gitu itu," jelasnya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi SetiyadiDirektur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi Foto: Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi. (Jefrie-detikcom)

Budi menjelaskan antrean itu disebabkan kendaraan pekerja lintas kota maupun mereka yang tetap berusaha untuk mudik. Jika ada pemudik, menurut Budi, akan langsung diminta putar balik oleh polisi yang berjaga.

"Satu, pekerja yang ke Karawang, kedua memang ada mobil-mobil yang dibelokkan. Begitu dibelokkan ke kiri, kalau dia ngambil ke tengah, itu kan pasti ada antrean kan. Biasa aja, tiap hari juga ada antrean di situ kok. Saya pernah di situ juga pagi-pagi, saya juga pernah sampai Cikarang Utama, di pintu tol itu. Antreannya bisa sampe 1 kilometer dari check point itu. Ya, KM 31 sampai 30, 1 kiloan lah," ungkap Budi.

"Sebagian pemudik, makanya kalau pemudik dibuang (dibelokkan) ke kiri sama polisi," tegasnya.

Penampakan Kemacetan di Tol Cikampek Arah Jakarta:

Selanjutnya
Halaman
1 2