Round-Up

Menyulam Asa Menanti Vaksin Corona Buatan Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 05:27 WIB
Wabah virus corona telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat global. Para ilmuwan di berbagai negara di dunia berlomba-lomba mengembangkan vaksin dari virus itu
Ilustrasi (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Berbagai alat kesehatan untuk menangani virus Corona (COVID-19) telah berhasil diciptakan anak Indonesia. Kini, Indonesia pun menanti diciptakannya vaksin Corona buatan anak bangsa.

Harapan diciptakannya vaksin Corona buatan anak bangsa itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi optimistis Indonesia mampu memproduksi vaksin sendiri.

Rasa percaya diri Jokowi itu muncul setelah secara langsung meluncurkan 9 alat kesehatan untuk menangani COVID-19 pada Rabu (20/5) kemarin. Kesembilan alat kesehatan itu adalah PCR test kit, rapid test kit, ventilator emergency, produk imunomodulator, plasma convalesence, mobile Lab BSL-2, artificial intelligence untuk deteksi COVID-19, autonomous UVC mobile robot (AUMR), serta purifying respirator.

"Kemarin saya sudah melihat sendiri ada rapid test yang waktu saya tanya bisa produksi berapa sudah kira-kira 100 ribu? Kalau diproduksi sudah langsung jalan, PCR test kit juga sama katanya apakah sudah berproduksi? Sudah Pak. Sudah uji dan sudah bisa berproduksi juga sama di atas 100 ribu. Kemudian ada ventilator, emergency ventilator yang ini kemarin yang saya lihat ada karya dari BPPT, ITB, UI, UGM dari PT Dharma dari PT Poly Jaya yang sudah mulai membuat ventilator dan ini tinggal produksinya," pamer Jokowi dalam peluncuran produk riset untuk penanganan COVID-19 yang disiarkan langsung lewat akun YouTube Sekretariat Presiden.

Keberhasilan atas hasil riset dan inovasi anak bangsa itu memupuk rasa percaya diri Jokowi. Dia berharap vaksin Corona akan menjadi salah satu inovasi yang diciptakan ke depannya.

"Saya sangat optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah kita pikirkan, dan kita hanya impor, sekarang ini kita bisa mandiri, dan bisa produksinya sendiri, dan kita juga harus mampu hasilkan vaksin sendiri," kata Jokowi.

Jokowi Luncurkan Produk Inovasi Penanganan Virus Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2