Round Up

Anak Buah Jokowi Turun Gunung ke MK Hadapi Gugatan Perppu Corona

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 04:20 WIB
Kegiatan di Mahkamah Konstitusi (MK) nampak berjalan normal seperti biasa. Rencananya, BPN Prabowo-Sandiaga akan menyampaikan gugatan Pemilu hari ini.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Tiga anak buah kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo turun gunung setelah Perppu Corona digugat sejumlah masyarakat. Tiga anak buah Jokowi ini menjelaskan langsung terkait pengesahan Perppu Corona.

Mereka yang datang adalah Menkum HAM Yasonna Laoly, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan juga Jaksa Agung ST Burhanuddin. Selain itu, Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenkum HAM Widodo Eka Cahyana dan Sekjen Kementerian Keuangan Hadiyanto juga turut hadir dalam sidang yang digelar di Mahkamah Konstitusi, Rabu (20/5).



Dalam perjalanannya, Perppu Corona telah disahkan menjadi undang-undang pada rapat paripurna DPR (12/5) lalu. Akibat keputusan DPR itu, satu dari tiga pemohon uji materi Perppu Nomor 1 Tahun 2020 mencabut gugatannya di MK.

Sedangkan dua gugatan lain yang dimohonkan oleh MAKI dan kawan-kawan serta Din Syamsuddin Amien Rais dan kawan-kawan tetap dilanjutkan.

Para pemohon uji materi menilai COVID-19 tidak termasuk dalam kegentingan memaksa dan APBN hanya boleh direvisi melalui APBN perubahan, bukan melalui perppu. Selain itu, pemohon menyoroti Pasal 27 ayat (1) yang mengatur imunitas hukum pemerintah dan/atau anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) karena dianggap bentuk pengistimewaan pejabat tertentu yang berpotensi pada terjadinya tindak pidana korupsi.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2