Panglima TNI Pimpin Sertijab KSAL, Kini Pucuk Pimpinan AL Resmi Berganti

M Ilman Nafi'an - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 19:42 WIB
Panglima TNI pimpin Sertijab KSAL
Panglima TNI pimpin Sertijab KSAL. (Dok Puspen TNI)
Jakarta -

Laksamana TNI Yudo Margono resmi menjabat Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji. Usai pelantikan, serah-terima jabatan KSAL dari Laksamana Siwi kepada Laksamana Yudo langsung dilakukan hari ini.

Sertijab KSAL dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Acara sertijab digelar di Lobi Gedung RE Martadinata, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (19/5/2020).

Upacara sertijab ini diawali pembacaan memorandum dari Laksamana Siwi kepada Laksamana Yudo selama kurun 25 Mei 2018-20 Mei 2020. Hal ini dimaksudkan untuk menjelaskan secara garis besar kegiatan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan dengan tujuan sebagai bahan pertimbangan KSAL yang baru dalam melaksanakan tugasnya.

Sertijab pun dilakukan dengan protokol COVID-19. Dari gambar yang dikirimkan Puspen TNI, terlihat Marsekal Hadi, Laksamana Yudo, Laksamana Siwi, serta jajaran lain menggunakan masker dan sarung tangan.

Panglima TNI pimpin Sertijab KSALPanglima TNI pimpin Sertijab KSAL Foto: Panglima TNI pimpin Sertijab KSAL. (Dok Puspen TNI).

Seperti diketahui, Laksamana Yudo diangkat sebagai KSAL menggantikan Laksamana Siwi, yang memasuki masa pensiun pada Mei 2020. Sebelum menjadi KSAL, Laksamana Yudo menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I atau Kogabwilhan (Pangkogabwilhan I).

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi melantik Yudo Margono sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Dengan demikian, pucuk pimpinan TNI AL dan TNI AU resmi berganti.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, dan disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/5). Protokol kesehatan pencegahan virus Corona (COVID-19) diberlakukan dalam proses pelantikan.

Yudo dan Fadjar diangkat sebagai KSAL dan KSAU berdasarkan Keppres Nomor 32 dan 33 TNI Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut serta Kepala Staf Angkatan Udara dan Keppres Nomor 34 dan 35 TNI Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Tinggi TNI. Lewat Keppres Nomor 34 dan 35 TNI Tahun 2020, Yudo resmi berpangkat Laksamana TNI dan Fadjar berpangkat Marsekal TNI.

Setelah dilantik, Yudo dan Fadjar menandatangani berita acara pelantikan. Sementara Yudo menggantikan Laksamana Siwi, Fadjar menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna, yang juga akan memasuki masa pensiun.

(elz/elz)