Tol Cikampek Km 10 Macet Siang Tadi, Polisi: Ada Pekerjaan Jalan

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 17:00 WIB
Macet Tol Cikampek Arah Jakarta
Penyebab Macet Tol Cikampek Arah Jakarta (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menjelaskan soal kepadatan lalin yang terjadi di Km 10 Jalan Tol Cikampek arah Jakarta. Kepadatan tersebut diakibatkan adanya alat berat proyek pengangkatan tiang jembatan.

"Iya ada kepadatan, jadi di Km 10+600 arah Cikampek ke Jakarta, di situ ada alat berat sudah mulai dari tadi malam berkaitan pengerjaan pengangkatan tiang eks jembatan di lokasi," kata Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Andi M Indra Waspada, saat dihubungi, Rabu (20/5/2020).

Indra menyebut kepadatan tersebut terjadi lantaran alat berat untuk mengangkat tiang jembatan tersebut memakan satu lajur tol. Rencananya, sebut dia, alat berat tersebut akan beroperasi hingga pukul 18.00 WIB.

"Ternyata dampaknya terjadi kepadatan, saya lihat gitu, karena memakan satu lajur dari tiga lajur alat besar itu, koordinasi dengan pihak mereka, rencana malam nanti 18.00 WIB mereka akan angkat lagi menggunakan crane lagi, makan waktu 6 sampai 8 jam, jam 01.00 WIB pagi baru bersih tidak ada lagi alat tersebut," ujarnya.

Indra menyebut alasan diangkatnya tiang jembatan tersebut adalah kerap terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan tol karena keberadaan tiang itu. Sampai saat ini kepadatan juga masih terjadi di lokasi.

"Itu memang di situ sering terjadi laka di situ, maka harus segera diambil karena sudah tidak digunakan lagi, sampai sekarang masih agak tersendat saya pastikan hanya sampai 18.00 WIB alat tersebut (operasi)," ucapnya.

Hingga kini pihak kepolisian juga masih berupaya mengatur lalu lintas di lokasi. Indra pun mengimbau masyarakat bisa menggunakan lajur alternatif lain menuju Jakarta untuk sementara waktu.

"Mohon diimbau juga kepada masyarakat pengguna jalan agar menghindari lokasi tersebut," imbuhnya.

(maa/mea)