Yasonna Tegaskan Pengesahan Perppu Corona Jadi UU Sesuai Prosedur

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 16:24 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly
Menkum HAM Yasonna Laoly (Foto: Rakean Radhana Natawigena / 20detik)
Jakarta -

Kuasa hukum Amien Rais dkk, Ahmad Yani mengatakan akan kembali mengajukan gugatan atas UU Nomor 2 Tahun 2020 karena menilai mestinya disahkan pada masa sidang paripurna DPR keempat. Menkum HAM Yasonna Laoly menegaskan pengesahan Perppu Corona menjadi UU sudah sesuai prosedur.

"Jadi pembahasan Perppu Nomor 1 ini sudah melalui prosedur yang sesuai Undang-Undang MD3 dan sesuai pula dengan tata tertib DPR," kata Yasonna, di Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Rabu (20/5/2020).

Yasonna mengatakan dalam Pasal 22 UUD Tahun 1945, peraturan pengganti undang-undang harus mendapat persetujuan DPR dalam persidangan berikutnya. Dia menjelaskan, yang dimaksud persidangan berikutnya dengan masa sidang adalah dua hal berbeda.

"Memang dalam pasal 22 UUD tentang Perppu mengatakan harus dibahas dalam persidangan berikutnya, di DPR itu masa sidang kita bahas tadi ini pada masa sidang ke-3 2020. Jadi masa sidang, berbeda dengan persidangan berikutnya. DPR masuk masa sidang diterima dibacakan, di persidangan berikutnya diketok oleh DPR, masa sidang nanti beres reses, ini masa sidang," ungkapnya.

"Jadi terminologinya harus kita bedakan dalam konstitusi dikatakan di persidangan berikutnya, kemudian dalam UU dikatakan persidangan berikutnya, di DPR dalam kasus ini masa sidang dan persidangan, jadi ini tidak kita bahas pada masa sidang berikutnya," sambungnya.

Selain itu, menurut Yasonna, penerbitan Perppu Corona memiliki urgensi kegentingan yang memaksa sehingga sudah sewajarnya dibahas pada persidangan berikutnya. Namun, dia menjelaskan pengesahan Perppu itu sudah sesuai dengan UU.

"Karena urgensi dari sebuah Perppu, logic hukumnya adalah cepat dan urgensi, maka harus dibahas di persidangan berikutnya, secepat-cepatnya karena dia Perppu, di DPR itu ada masa sidang 1 masa sidang 2 masa sidang 3, dalam masa sidang ada persidangan-persidangan ini itu," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2