Polda Kalsel Musnahkan 237 Kg Sabu dari Jaringan Internasional

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 15:55 WIB
Polda Kalsel Musnahkan 237 Kg Sabu dari Jaringan Internasional
Foto: Pemusnahan narkoba Polda Kalsel (Dok.Polda Kalsel)
Banjarmasin -

Polda Kalimantan Selatan memusnahan narkoba jenis sabu seberat 237 Kilogram. Sabu tersebut diperoleh dari jaringan internasional Malaysia-Kalimantan Utara-Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

"Pemusnahan ini dilakukan karena telah mendapatkan ketetapan dari pengadilan," kata Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Pemusnahan dilakukan di Kantor Satpas KM 21 Banjarmasin, Kalsel yang dipimpin langsung Kapolda Irjen Nico Afinta dan dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Danrem 101/Antasari Kolonel Infantri Firmansyah, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Kejati Kalsel Arie Arifin dan Kepala BNNP Kalsel Brigjen M Aris Purnomo serta sejumlah pejabat lainnya.

Selain sabu, barang bukti lainnya yang dimusnahkan yakni 54.932 butir ekstasi dan serbuk ekstasi seberat 220,76 gram. Sebelum dimusnahkan, sampel barang bukti dites dengan alat khusus untuk memastikan bahwa sampel tersebut memang mengandung narkotika.



Pemusnahan dilakukan dengan cara digiling menggunakan truk molen dengan dicampur dengan cairan air sabun deterjen. Limbah barang bukti tersebut kemudian di buang ke tempat galian yang disediakan.

Lebih lanjut, Nico mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penindakan untuk memberantas narkoba. Polda Kalsel bekerja sama dengan instansi terkait untuk melakukan pengawasan terhadap jalur-jalur yang menjadi tempat penyelundupan narkotika.

"Tidak hanya di daratan, tetapi jalur laut termasuk jalur tikus akan kita tingkatkan pengawasannya," tandas Nico.

(mei/mei)