Menristek: Ventilator-PCR Test Kit Lokal Akan Lebih Murah dari Produk Impor

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 15:29 WIB
Menristek Bambang dorong ilmuwan RI temukan vaksin virus corona COVID-19.
Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro (Foto: Kemenristek)
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini meluncurkan alat kesehatan (alkes) untuk menangani virus Corona (COVID-19) yang diproduksi oleh anak Indonesia. Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan harga alkes buatan dalam negeri itu akan lebih murah dari produk impor.

"Diperkirakan baik ventilator ataupun rapid test kit atau PCR test kit, harga jual atau harga nantinya kami perkirakan masih lebih murah dari produk impor setara, yang setara itu artinya yang kualitasnya kira-kira sama," kata Bambang dalam telekonfensi kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Bambang mengatakan harga alat kesehatan yang berkaitan dengan COVID-19 memang cukup mahal selama masa pandemi. Hal itulah yang kemudian memotivasi para inovator di Indonesia untuk menciptakan alat kesehatan sendiri.

"Dalam kondisi pandemi ini otomatis harga alat-alat kesehatan yang vital seperti ventilator alat tes, pasti mahal secara global. Kenapa? Karena meningkatnya aktivitas yang luar biasa di berbagai belahan dunia. Inilah yang memotivasi para peneliti dan inovator dalam negeri untuk kemudian memproduksi sendiri sehingga kita tidak tersandera dengan harga yang luar biasa tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut, Bambang mengapresiasi para peneliti yang dapat mengembangkan inovasi di bidang kesehatan. Dia juga mengapresiasi mitra di bidang industri yang turut berkontribusi menghasilkan alat Kesehatan yang lebih murah.

"Kita juga apresiasi mitra industri juga bisa melakukan proses produksi dengan pendekatan yang cukup efisien meskipun mereka sebenarnya bukan pelaku di bidang industrial kesehatan misalkan, karena mereka mungkin ada di bidang lain tapi dengan menggunakan teknologi yang mereka pahami akhirnya mereka bisa menghasilkan barang yang lebih murah," ucap Bambang.

Selanjutnya
Halaman
1 2