Sejarah Hari Kebangkitan Nasional dan Kumpulan Ucapan yang Pas Diposting di Sosmed

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 13:18 WIB
Ratusan Warga pulau terluar indonesia di kepulauan Miangas mengikuti upacara bendera di lapangan Miangas, Kepulauan Miangas, Sulawesi Utara 2052013. Upacara dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional tersebut dipimpin oleh meteri pemuda dan olehr
Ilustrasi Perayaan Hari Kebangkitan Nasional/Foto: Detikcom
Jakarta -

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei. Latar belakang penetapan tanggal tersebut diambil dari tanggal kelahiran organisasi Budi Utomo (Boedi Oetomo). Kok bisa?

Di awal Kemerdekaan, Presiden Sukarno menilai perlu adanya pemersatu bangsa. Ia pun menilai momen kelahiran dari organisasi Budi Utomo merupakan tanggal yang pas untuk menyatukan Indonesia demi melawan penjajahan.

Seperti diketahui, pada tahun 1947 atau dua tahun setelah Kemerdekaan, Belanda kembali mengeluarkan agresi militer ke Indonesia. Hal ini pun membuat dinamika sosial dan politik di Tanah Air.

Menurut Sejarawan Hilmar Farid kepada detikcom beberapa waktu yang lalu akibat dinamika sosial dan politik, batas wilayah di Indonesia hanya mencakup pulau Jawa dan Sumatera. Ibukota pun dipindahkan ke Yogyakarta.

Selain itu, terjadi juga krisis ekonomi akibat kurangnya pasokan beras. Melihat hal itu, Soekarno langsung mencari simbol pemersatu bangsa dan menetapkan tanggal kelahiran Budi Utomo sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Sukarno menilai Budi Utomo menggambarkan kebangkitan nasional. Sebab, organisasi ini didirikan oleh para pelajar yang memiliki sifat campuran kedaerahan dan mengandung unsur modern.

"Bung Karno mencari jejak sejarah yang bisa menjelaskan asal usulnya gerakan Bangsa Indonesia. Budi Utomo jelas masih bersifat kedaerahan awalnya, tetapi yang membedakan dengan organiasi lainnya saat itu adalah unsur modernitasnya. Bagaimana ada mekanisme pemilihan ketua dalam organisasi," jelas Hilmar.

Kumpulan Ucapan Hari Kebangkitan Nasional:

1. Selamat Hari Kebangkitan Nasional! Teruskan perjuangan bangsa untuk menjadi yang lebih baik.

2. Mari bangkit melawan semua bentuk penjajahan. Kita bersatu untuk Indonesia. Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-112 ya.

3. Berpegang tangan menuju satu tujuan. Lanjutkan semua semangat masa lalu untuk Indonesia. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2020.

4. Semangat dari Kebangkitan Nasional bisa memulihkan semua bangsa Indonesia dari pandemi virus corona. Jangan patah semangat dan terus berjuang, kawan.

5. Negeriku Indonesia, tetap bersatu dan optimis di momen Hari Kebangkitan Nasional. Maju dan bangkit terus menjadi Indonesia yang lebih baik. Selamat Hari Kebangkitan Nasional.

6. Kita adalah Indonesia. Indonesia adalah kita. Jangan mudah terhasut dengan bermacam sistem penjajahan modern yang bisa memecah belah kita. Selamat Hari Kebangkitan Nasional.

7. Tetap semangat Indonesiaku. Apapun cobaan yang tengah melanda negeri ini, ingat kita merupakan bangsa yang satu dan penuh semangat. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2020.

Semoga artikel sejarah Kebangkitan Nasional di atas bisa menambah semangat kita ya!

(pay/erd)