Walkot Teken Perwal, Hotel-Sektor Kesehatan Boleh Buka Saat PSBB Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 12:41 WIB
Wali Kota Palembang Harnojoyo (Raja Adil-detikcom)
Foto: Wali Kota Palembang Harnojoyo (Raja Adil-detikcom)
Palembang -

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, telah menandatangani Peraturan Wali Kota (Perwal) soal pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dalam Perwal itu, ada 11 sektor usaha yang diizinkan buka saat PSBB berlaku.

Sekda Palembang, Ratu Dewa, mengatakan Perwal yang sudah diteken Harnojoyo itu bakal berlaku Kamis (21/5). Namun, dia belum menjelaskan berapa lama PSBB diberlakukan di Palembang.

"Besok, sudah diberlakukan," ujar Ratu Dewa, Rabu (20/5/2020).

Dalam Perwal itu, terdapat aturan soal sektor usaha yang masih boleh beroperasi saat PSBB. Dalam Pasal 10, disebut sektor usaha yang bisa tetap beroperasi antara lain sektor kesehatan hingga perhotelan.

"Kesehatan, bahan pangan, energi, logistik, keuangan, komunikasi, konstruksi, industri strategis, perhotelan, pelayanan dasar dan sektor industri menjual kebutuhan sehari-hari," seperti tertulis dalam Pasal 10 ayat 1 huruf d.

Selain 11 sektor usaha itu, organisasi yang bergerak dalam bidang kebencanaan juga masih diizinkan tetap beraktivitas. Namun, aktivitas tersebut harus mengikuti protokol pencegahan penyebaran virus Corona.

Perwal tersebut juga mengatur sanksi bagi pelaku usaha yang melanggar aturan PSBB. Sanksi bakal diputuskan lewat mekanisme sidang di tempat sesuai kategori pelanggaran.

PSBB di Kota Palembang telah disetujui Menteri Kesehatan pada 12 Mei lalu. Gubernur Sumsel Herman Deru juga menargetkan PSBB Palembang berlaku mulai 21 Mei.

(ras/haf)