Pesan Ustaz Abdul Somad di Hari Terakhir Ramadhan

Niken Widya Yunita - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 11:08 WIB
Ustaz Abdul Somad (UAS) meninggalkan gedung KPK. Ia mengatakan kehadirannya untuk mengisi tausiyah tentang penguatan mental di tubuh lembaga antirasuah itu.
Foto: Ari Saputra/Pesan Ustaz Abdul Somad di Hari Terakhir Ramadhan
Jakarta -

Akhir Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Ustaz Abdul Somad memiliki pesan pada umat Muslim pada hari terakhir Ramadhan.

"Pesan terakhir di hari Ramadhan, anggaplah ini ramadhan terakhir dan setelah ini kau tidak jumpa lagi dengan Ramadhan," ujar Ustaz Abdul Somad dalam acara Assalamualaikum detikers, Selasa (19/5/2020).

Ustaz Abdul Somad menyarankan umat Muslim untuk membayangkan Ramadhan ini menjadi Ramadhan terakhir. "Coba bayangkan ini Ramadhan terakhirmu, kau akan digantung, akan ditembak mati, sudah divonis COVID-19 nggak ada kesembuhan, udah dianggap kena HIV AIDS. (Anggap) Ini Ramadhan terakhirmu, setelah ini kau akan mati. Coba posisikan diri," terang mantan dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ini.

Dengan membayangkan Ramadhan ini merupakan Ramadhan terakhir, maka kita akan terus beribadah dan mengingat Allah. Kalau kita akan berjumpa pada Ramadhan berikutnya, maaka hal itu merpakah hadiah dari Allah.

"Andai tidak hidup lagi (setelah Ramadhan), bekal sudah siap, ready. Siap mati menghadap Allah SWT. Sekali lagi anggap ini Ramadhan terakhir, jangan lupa doakan bangsa kita. Doakan semuanya, kita menjadi negeri yang aman, damai," tutup Ustaz Abdul Somad.

Hari terakhir Ramadhan 2020 diperkirakan pada 23 Mei. Muhammadiyah sudah memutuskan Hari Raya Idul Fitri pada 24 Mei. Sedangkan pemerintah menunggu sidang isbat yang akan diselenggarakan pada 22 Mei untuk memutuskan waktu Hari Raya Idul Fitri.

Tonton video 'Manyambung Silaturahmi Saat Pandemi oleh Ustaz Hanan Attaki':

(nwy/erd)