Ustaz Abdul Somad: Malam Lailatul Qadar Adalah Doorprize

Niken Widya Yunita - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 10:50 WIB
Ustaz Abdul Somad
Foto: Niken Widya/Ustaz Abdul Somad: Malam Lailatul Qadar Adalah Doorprize
Jakarta -

Ustaz Abdul Somad meminta umat Muslim untuk memahami malam Lailatul Qadar sebagai doorprize. Malam tersebut dirahasiakan agar kita rajin beribadah.

Menurut Ustaz Abdul Somad, ciri-ciri malam Lailatul Qadar ada yag bercerita pohon-pohon tumbang, air sumur atau air empang membeku. Ada riwayat, malam Lailatul Qadar tidak panas, tidak dingin namun penuh ketenangan. Selain itu matahari terbit tidak panas.

"Tapi saya tidak ingin umat menjadi pengamat. Jadi kita pahami ini (malam Lailatul Qadar) adalah doorprize, surpise. Sengaja ini dirahasiakan," ujar Ustaz Abdul Somad dalam acara Assalamualaikum detikers secara live streaming yang dipandu Pimred detikcom Alfito Deannova Ginting, Selasa (19/5/2020).

Menurut Ustaz Abdul Somad, Allah merahasiakan orang yang mendapat tobat nasuha dan orang yang mendapat doa makbul hari Jumat. Hal ini supaya kita rajin beribadah.

Ada pendapat ulama memprediksi malam Lailatul Qadar pada malam ke-27 Ramadhan. Ada juga yang menyebut pada 29 Ramadhan. Bahkan ada yang menyebut malam ke-17 Ramadhan, malam ke-3 Ramadhan, dan malam ke-5 Ramadhan. Ustaz Abdul Somad menerima dan mengikuti pendapat-pendapat itu, namun jangan hanya bertumpu pada satu malam saja.

"Jadi itu semua merupakan malam kekayaan khasanah keilmuan dalam Islam. Kita tangkap substansi maknanya (yakni) bagaimana kita terus semangat beribadah dan isi semua malam-malam Ramadhan," ucap mantan dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ini.

Tonton video 'Manyambung Silaturahmi Saat Pandemi oleh Ustaz Hanan Attaki':

(nwy/erd)