Suasana Haru Warnai Kepulangan WNI yang Sempat Tertahan Lockdown India

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 08:56 WIB
Repatriasi para WNI dari India. (Dok KBRI New Delhi)
Repatriasi para WNI dari India. (Dok KBRI New Delhi)
Jakarta -

Puluhan warga negara Indonesia (WNI) yang sempat tertahan lockdown di India akhirnya dipulangkan ke Tanah Air. Suasana haru menyelimuti karena repatriasi ini adalah yang pertama dilakukan usai hampir dua bulan direncanakan.

Sebagaimana keterangan pers Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Delhi, Rabu (20/5/2020), pemulangan WNI ini merupakan program repatriasi mandiri menggunakan penerbangan khusus maskapai Air India dari New Delhi.

Program repatriasi mandiri ini adalah yang perdana dilakukan sejak diberlakukanya kebijakan lockdown pertama kali oleh Pemerintah India pada 24 Maret 2020 lalu. Sontak saja suasana haru bercampur gembira tampak dari raut wajah para WNI yang akan segera terbang ke tanah air, setelah hampir dua bulan rencana kepulangan mereka ke Indonesia terpaksa tertunda akibat kebijakan penutupan total oleh India.

"Saya sangat bersyukur dengan adanya program repatriasi mandiri ini, karena jujur saja, saya sudah hampir kehilangan harapan untuk melewati suasana Ramadan dan Idul Fitri bersama keluarga tercinta di tanah air" ujar Hendra, salah seorang pelatih bulutangkis asal Indonesia di salah satu akademi di negara bagian Haryana, menjadi salah satu WNI yang dipulangkan ke Indonesia.

Total penumpang sebanyak 73 orang yang terdiri dari 59 orang WNI, 13 WN India dan 1 WN Rusia. Dari sebanyak 59 WNI yang ikut dalam repatriasi ini, 38 orang di antaranya adalah pelancong/traveller, 10 orang mahasiswa/pelajar, 3 orang pelatih bulutangkis dan 7 orang profesional.

Pesawat Air India dengan kode penerbangan AI 13081 dijadwalkan berangkat dari embarkasi Indira Gandhi International Airport (IGIA) pada pukul 06.31 ws dan tiba di Bandara Sokerno Hatta pukul 14.45 waktu Jakarta. Setibanya di Jakarta pesawat Air India ini akan merepatriasi WN India dari Indonesia ke India.

Tonton 'Saksi Mata: Ribuan WNI Terjebak Lockdown di India':

Selanjutnya
Halaman
1 2