Round-Up

Jaminan Pemerintah Tak Akan Ada Open House Gegara Wabah

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 08:34 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md
Menko Polhukam Mahfud MD/Foto: Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19
Jakarta -

Perayaan hari raya Idul Fitri di tahun ini juga akan berbeda bagi kalangan pejabat pemerintah. Pemerintah menegaskan tak akan ada menteri yang menggelar open house pada Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini.

Menko Polhukam Mahfud MD menjamin pemerintah tak akan menggelar open house di tengah pandemi Corona. Hal ini dilakukan demi mengikuti aturan pembatasan sosial berskala besar dan mencegah penularan virus COVID-19.

"Kabinet tidak pernah membicarakan soal open house, oleh sebab itu saya kira itu sudah menjadi bagian sendirinya, anggota kabinet pasti tahu diri untuk tidak buka open house," kata Mahfud seusai rapat terbatas, Selasa (19/5/2020).

Mahfud mengatakan, dalam hal ini aturan berlaku untuk semua masyarakat termasuk pejabat.

"Tak usah dibicarakan, orang lain saja dilarang, masa anggota kabinet mau open house," imbuhnya.

Silaturahmi saat Idul Fitri, lanjut Mahfud sangat dibatasi dan hanya untuk keluarga inti saja. Maka ditegaskan lagi, anggota kabinet tidak akan menggelar open house lebaran.

"Tidak ada open house yang pernah dibicarakan," lanjut dia.

Mahfud juga menegaskan pemerintah melarang salat Idul Fitri yang dilakukan di masjid atau lapangan demi mencegah penularan virus Corona.

"Pertama di tengah masyarakat ini sekarang timbul diskusi, apakah salat Id boleh dilakukan di masjid atau lapangan seperti yang sudah-sudah sebelum adanya COVID, maka tadi kesimpulannya bahwa kegiatan keagamaan sifatnya masif, seperti salat berjamaah, atau salat Id di lapangan termasuk kegiatan yang dilarang oleh Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang PSBB," kata Mahfud.

Simak juga video Bayar Zakat Fitrah Tidak Perlu Ijab Qabul Secara Fisik:

(zlf/zlf)