Kapan Lebaran 2020 atau Idul Fitri 1441 H di Australia? Ini Jawabannya

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 19:13 WIB
Umat Muslim sedunia melakukan ibadah puasa selama bulan Ramadan.  Seperti terlihat di keluarga Muslim di London dan Australia, mereka menikmati Ramadan dengan menyenangkan dan dipenuhi amalan puasa. Begini potretnya:
Foto: Getty Images/Dan Kitwood/Kapan Lebaran 2020 atau Idul Fitri 1441 H di Australia? Ini Jawabannya
Jakarta -

Puasa Ramadhan 2020 semakin mendekati hari akhir hingga akhirnya berganti Syawal. Selanjutnya umat Islam akan merayakan Idul Fitri 1441 H atau Lebaran 2020 bersama lingkungan terdekatnya.

Idul Fitri tentunya juga dirayakan umat Islam di Australia setelah melaksanakan puasa Ramadhan. Jika kalender Indonesia menunjukkan perayaan Idul Fitri 1441 H jatuh pada 24-25 Mei 2020, bagaimana dengan Australia?

"Kita Lebaran Minggu, 24 Mei 2020, sama dengan Indonesia. Sebagian besar sudah ada kesepakatan mengikuti Australian National Imams Council atau konsil imam Australia," kata Director dan Co-founder Australia-Indonesia Connections/Program Manager Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP) Rowan Gould, melalui channel YouTube Forum Alumni AIMEP pada Selasa (19/5/2020).

Proses menentukan Idul Fitri 1441 H di Australia disebut moon sighting yang menggunakan metode imkanur rukyat. Di Indonesia, imkanur rukyat kerap disebut sebagai jalan tengah antara hisab dan rukyat.

Gould mengatakan, muslim di Australia umumnya mengikuti kesepakatan tersebut. Jika ada perbedaan maka hal tersebut dihormati dan dihargai muslim yang lain. Perbedaan jangan sampai merusak solidaritas antar muslim.

Perbedaan misalnya terjadi pada komunitas muslim Turki yang mengikuti peraturan di negara asal. Komunitas ini biasanya Idul Fitri atau Lebaran satu hari lebih cepat. Hal serupa diterapkan pada komunitas yang memilih metode rukyatul hilal untuk menentukan Idul Fitri 1441 H.

Komunitas ini biasanya pergi ke bukit atau wilayah yang memudahkan pengamatan hilal. Hasil pengamatan kemudian diunggah di channel media sosial sehingga bisa diakses anggota komunitas. Rukyatul hilal adalah metode yang mengamati hilal atau bulan sabit secara langsung untuk menentukan Idul Fitri 1441 H.

(row/erd)