detik Kultum

Kultum Ustaz Hanan Attaki: Amalan Istimewa di Malam Lailatul Qadar

Eny Kartikawati - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 18:01 WIB
Ustaz Hanan Attaki (Instagram)
Foto: Ustaz Hanan Attaki (Instagram)
Jakarta -

Malam Lailatul Qadar menjadi waktu yang istimewa dan dinantikan umat muslim di 10 malam terakhir Ramadhan. Lailatul Qadar begitu istimewa karena Allah berfirman bahwa malam tersebut lebih baik dari 1.000 bulan. Selengkapnya detik Kultum bersama Ustaz Hanan Attaki:

[Gambas:Video 20detik]

Dalam tausyiahnya, Ustaz Hanan Attaki pun menjelaskan, Lailatul Qadar sendiri secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu lailah dan qadar. Lailah artinya adalah malam dan qadar berarti mulia. Jadi Lailatul Qadar adalah malam yang mulia.

"Kenapa Allah menamakan Lailatul Qadar, karena pada malam itu diturunkan Al Quran. Saking agungnya malam Lailatul Qadar, Allah membandingkannya dengan malam-malam yang lain selama 1.000 bulan. Jadi kita tidak akan bisa mendapatkan keistimewaan Lailatul Qadar walaupun kita menghabiskan 1.000 bulan dengan ibadah," ujar Ustaz Hanan Attaki dalam tausyiahnya untuk detik Kultum.



Pada malam Lailatul Qadar, dijelaskan Ustaz Hanan, malaikat akan berbondong-bondong turun dari surga ke bumi. Kenapa malaikat bersedia turun dari tempat yang mulia yaitu surga ke bumi?

"Karena ada hamba Allah yang sangat mulia, yang Allah istimewakan pada malam itu, yaitu hamba yang menghabiskan malam tersebut dengan membaca Al Quran," jelas ustaz lulusan Universitas Al Azhar Mesir itu.



Selain salat, membaca Al Quran menjadi amalan istimewa di malam Lailatul Qadar. Apalagi jika salat tersebut dikombinasikan dengan membaca Al Quran.

Amalan istimewa lainnya pada malam Lailatul Qadar pernah diungkapkan Nabi Muhammad SAW saat Aisyah bertanya padanya. Nabi menjawab: 'Wahai Aisyah, jika engkau merasakan malam Lailatul Qadar, maka bacalah kalimat doa, Allahumma Innaka 'aufuwwun Tuhibbul 'Afwa fa'fu'anni, ya Allah Engkau Maha Pemaaf, maafkan saya.'

Saksikan selengkapnya detik Kultum Ustaz Hanan Attaki mengenai amalan istimewa Lailatul Qadar hanya di detikcom.

(eny/erd)