Cara Mudah Zakat Fitrah Lewat Warung Aplikasi GrabKios

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 16:50 WIB
GrabKios
Foto: Grab
Jakarta -

GrabKios bekerja sama dengan BenihBaik.com yang juga berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyediakan fitur buat pelanggan yang ingin menyisihkan rezekinya untuk zakat fitrah. Fitur dalam aplikasi ini juga buat mendukung kemudahan dalam menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah.

Nantinya zakat fitrah yang terkumpul akan disalurkan langsung oleh BAZNAS dalam bentuk beras kepada mustahik, yaitu keluarga rentan yang mengalami kesulitan akibat dampak pandemi COVID-19 di seluruh Indonesia.

Dilihat dari Instagram GrabKios, Selasa (19/5/2020), cara membayar zakat fitrah lewat aplikasi ini pertama dengan mengklik 'Kirim Uang' di menu layanan keuangan. Lalu lengkapi data bank tujuan (BNI), nomor rekening (9881017000000003) atas nama BenihBaik Zakat Fitrah.

Lalu isi donasi (minimal Rp 45 ribu) dan nomor ponsel pengirim donasi dan klik 'lanjut'. Jika tujuan pengiriman sudah benar, klik 'Iya'. Pada halaman konfirmasi pemesanan, pilih metode pembayaran menggunakan saldo OVO cash atau pembayaran langsung.

Klik 'Bayar' dan transaksi langsung diproses. Selanjutnya pengirim zakat akan menerima pemberitahuan berupa SMS bukti pembayaran zakat.

Sebagai informasi, BenihBaik.com merupakan salah satu wadah resmi penggalangan dana sosial di bawah organisasi sosial bernama Yayasan Benih Baik Indonesia yang didirikan oleh Andy F. Noya.

Adapun BAZNAS merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi, dan akuntabilitas.

(mul/ega)