Polda Metro Selidiki soal 'Mudik Sehat PSBB' Big Bird, Ini Hasilnya

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 15:55 WIB
PT Blue Bird meluncurkan bus mewah rasa pesawat kelas bisnis untuk mudik Lebaran
Foto: Dok. PT Blue Bird Tbk
Jakarta -

Selebaran berisi 'Mudik Sehat PSBB 2020' Big Bird beredar di media sosial. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyelidiki dan melakukan audiensi dengan pihak Blue Bird terkait selebaran tersebut. Apa hasilnya?

"Hasil audiensi pihak Blue Bird/Big Bird menyatakan bahwa penyebaran informasi program 'Mudik Sehat PSBB 2020' tersebut tanpa sepengetahuan direksi dan pimpinan Blue Bird/Big Bird," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, dalam keterangannya, Selasa (19/5/2020).

Yusri kembali menegaskan bahwa Blue Bird tidak pernah menyebarkan selebaran itu. Berdasarkan keterangan pihak Blue Bird, mereka menyampaikan mematuhi PSBB dan larangan mudik yang diterapkan pemerintah.

"Pihak Blue Bird menjalankan ketentuan terkait PSBB dan pelarangan mudik sehingga tidak ada rencana menjalankan program 'Mudik Sehat PSBB 2020' tersebut," ucap Yusri.

Yusri menjelaskan berdasarkan keterangan pihak Blue Bird informasi selebaran tersebut disebarkan oleh karyawan mereka. Namun hingga kini pihak Blue Bird, lanjutnya, masih menelusuri karyawan yang pertama mem-posting informasi tersebut.

"Penyebaran informasi tersebut diduga berasal dari karyawan yang mem-posting design flyer 'Mudik Sehat PSBB 2020' tersebut pada profile picture WhatsApp-nya dan akhirnya menyebar, namun karyawan yang pertama kali mem-posting masih belum diketahui dan akan ditelusuri oleh pihak Blue Bird/Big Bird," ujarnya.

Lebih lanjut, Yusri memastikan pihak Blue Bird akan melakukan audit internal terkait kejadian ini.

"Pihak Blue Bird/Big Bird akan melakukan audit internal untuk menelusuri pihak-pihak internal mereka yang menyebarkan informasi program 'Mudik Sehat PSBB 2020' tersebut dan akan melaporkan hasil audit internal ke Pihak Ditlantas PMJ," imbuhnya.

Selebaran itu tersebar viral di media sosial yang menyatakan penawaran mudik dari pihak Big Bird. Tarif yang ditawarkan mulai dari Rp 650 ribu untuk tujuan Jawa Tengah dan Rp 850 ribu tujuan Jawa Timur.

Pada selebaran tertulis bus 54 seat dengan kapasitas penumpang 27 orang. Pada selebaran juga terdapat nomor WhatsApp untuk pemesanan tiket.

Tonton juga video Jokowi: Ingat yang Dilarang Mudik, Bukan Transportasinya:

(maa/mea)