Pemkot Bakal Izinkan Sejumlah Sektor Usaha Buka 5 Jam Saat PSBB Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 13:04 WIB
Poster
Ilustrasi PSBB (Foto: Edi Wahyono)
Palembang -

Pemkot Palembang mengkaji sejumlah aturan untuk penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Salah satunya soal jam buka bagi sejumlah sektor usaha.

Walikota Palembang, Harnojoyo, mengatakan kebijakan soal jam buka tempat usaha sudah ada dalam draf Perwali yang menunggu persetujuan Gubernur Sumsel, Herman Deru. Beberapa tempat usaha bakal diizinkan tetap buka selama 5 jam saat PSBB Palembang diterapkan.

"Kita ambil sikap. Beberapa sektor usaha boleh beroperasi, tetapi hanya 5 jam saja," kata Harnojoyo kepada wartawan, Selasa (19/5/2020).

Dia mengatakan ada 11 sektor usaha yang masih diizinkan tetap beroperasi selama PSBB. Namun, Harnojoyo belum menjelaskan detail ke-11 sektor tersebut.

"Dalam draf itu, selain 11 sektor yang buka ada tempat usaha tetap boleh beroperasi. Waktu buka dari jam berapa ke berapa itu juga nanti ditentukan, tentu aturan terkait protokol kesehatannya harus diutamakan," kata Harnojoyo.

Sebelumnya, Gubernur Herman Deru telah meminta PSBB Palembang dan Prabumulih segera diterapkan. Dia mengingatkan agar PSBB bisa dilaksanakan mulai 21 Mei.

"Perkada Palembang dan Prabumulih itu tetap harus selesai tanggal 20 (Mei 2020), karena di tanggal 21 (Mei 2020) sudah pelaksanaan. Tentunya kenapa tidak langsung sanksi karena itu butuh sosialisasi," kata Herman Deru, Senin (18/5).

Jokowi Tegaskan Belum Ada Pelonggaran PSBB:

(ras/haf)