Round-Up

Kebenaran yang Telat Dibuka di Awal Wabah Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 03:41 WIB
Aktivitas warga Wuhan, China kembali normal setelah pemerintah mencabut pembatasan ke luar rumah pasca lockdown yang berlangsung hampir 11 pekan.
Foto ilustrasi suasana Wuhan, Hubei, China (Getty Images/Stringer)

20 Januari, Zhong mengatakan virus Corona ini bisa menular antarmanusia. Namun pada saat itu, otoritas pemerintah Wuhan menyangkalnya. Selama berminggu-minggu, pemerintah Wuhan bersikeras menyatakan tidak ada bukti penularan manusia ke manusia dan mengklaim wabah virus Corona 'bisa dicegah dan dikendalikan'.

Namun tak lama kemudian, Zhong mendapat kabar dari Beijing, bukan dari Wuhan yang saat itu tengah dia soroti. Beijing mengatakan total kasus Corona di Wuhan telah mencapai 198 kasus, dengan tiga orang meninggal dan 13 pekerja medis terinfeksi. Beginilah cara pemerintahan sentralistik bekerja.

Wali Kota Wuhan, Zhou Xiangwang, mengakui bahwa pemerintahannya tidak mengungkapkan informasi soal virus Corona ke publik 'secara tepat waktu', dengan alasan 'sebagai pemerintah lokal, kami hanya bisa mengungkapkan informasi setelah diberi izin'.

This photo taken on January 20, 2020 shows Zhong Nanshan, a renowned scientist at China's national health commission, speaking during a press conference in Beijing about a new SARS-like coronavirus. - China has confirmed human-to-human transmission in the outbreak of the new virus as the number of cases soared and authorities on January 21 said a fourth person had died. (Photo by STR / AFP) / China OUTZhong Nanshan (Photo by STR / AFP) / China OUT Foto: AFP/STR

23 Januari, Zhong mengadakan rapat dengan jajaran pejabat pusat China, termasuk Perdana Menteri Li Keqiang. Zhong mengusulkan agar Wuhan di-lockdown. Seluruh penerbangan, layanan kereta dan bus dihentikan seluruhnya, juga akses jalan tol diblokir. Lockdown di Wuhan dicabut 76 hari kemudian.

"Pada awalnya mereka diam, dan kemudian saya katakan mungkin kita memiliki (lebih) banyak orang yang terinfeksi," kata Zhong.

Halaman

(dnu/dnu)