Mudah! Begini Cara Menghitung Zakat Penghasilan Jelang Lebaran

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 07:43 WIB
zakat
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Zakat adalah salah satu dari lima kewajiban utama umat Islam yang wajib ditunaikan terlebih jelang Lebaran ini. Sebab, zakat adalah pungutan wajib atas harta atau kepemilikan seseorang yang dimanfaatkan demi kemaslahatan umat.

Adapun perintah untuk pembayaran zakat ini tercantum dalam Alquran, tepatnya pada Surat At-Taubah ayat 103. "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk meraka."

Nah, sebelum menjalankan rukun Islam ini, alangkah baiknya kita semua mengetahui cara menghitung besaran kewajiban zakat yang harus dibayar. detikcom bekerja sama dengan Lazismu punya fasilitas kalkulator zakat, untuk menghitung besaran zakat penghasilan yang harus kita tunaikan.

Cara menggunakannya sangat mudah, yakni Anda hanya mengisi kolom pendapatan per bulan, lalu mengisi kolom pendapatan lainnya jika ada, lalu mengisi kolom utang/cicilan untuk kebutuhan pokok jika ada, lalu jumlah penghasilan per bulan.

Setelah itu Anda hanya perlu men-submit dan besaran kewajiban Zakat Anda per bulan yang harus dibayarkan akan otomatis keluar.

Zakat penghasilan adalah zakat yang dikeluarkan setiap menerima gaji/penghasilan, termasuk THR (Tunjangan Hari Raya) dan bonus. Zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari jumlah gaji/penghasilan.

Sebelum membayar zakat, Anda harus mengenal Nishab yakni batas harga wajib zakat, yaitu senilai 85 gram emas. Jika jumlah penghasilan lebih dari jumlah nihsab maka diwajibkan untuk membayar zakat penghasilan, sedangkan jika jumlah penghasilan kurang dari jumlah
nisab maka tidak diwajibkan untuk membayar zakat penghasilan.

Sebagai contoh, harga 1 gram emas saat ini Rp 806.000 sehingga besarnya nishab adalah Rp Rp 68.510.000 juta sehingga batas nishab per bulan adalah Rp 5.709.166. Lebih lanjut, jika, Disty menerima gaji sebesar Rp 8.000.000 per bulan. Dengan demikian, wajib membayar zakat penghasilan. Jadi jumlah zakat simpanan yang perlu dibayarkan adalah 2,5% x Rp8.000.000 = Rp 200.000 per bulan.

Bagaimana mudah kan? Yuk hitung pembayaran zakat penghasilan dari rumah dengan klik di sini.

Tonton juga video 'Aplikasi yang Bisa Membantumu Bayar Zakat dari Rumah':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)