Dukung Diaspora Care, Cinta Laura: Penting untuk Sosial Ekonomi

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 21:26 WIB
Kemnaker
Foto: Dok. Kemnaker
Jakarta -

Artis berdarah blasteran Cinta Laura Kiehl, ikut mendukung program Diaspora Peduli (Diaspora Care) yang diinisiasi Kementerian Ketenagakerjaan bersama Diaspora Indonesia. Cinta memandang program tersebut sebagai jembatan bagi WNI yang berada di luar negeri untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19 di Indonesia.

"Saya sangat bangga, bahagia dan support sekali ada program Diaspora peduli family to family," ujar Cinta Laura dalam keterangan resmi Kemenaker, Senin (18/5/2020).

Cinta mengaku prihatin dengan kondisi yang menimpa rakyat kecil di Indonesia dalam kondisi pandemi COVID-19. Situasi ini, kata dia, sangat manyedihkan karena ada sekitar tiga hingga empat juta pekerja terkena PHK dan dirumahkan, serta sejumlah masyarakat masuk kategori new poor karena terkena dampak ekonomi COVID-19.

"Ini tak baik buat ekonomi dan belum tentu kalau pandemi selesai, semua bisa kembali ke normal. Jadi penting untuk solidaritas sosial dan ekonomi," imbuh Cinta.

Di lain sisi, pelantun lagu "Shoot Me" itu merasa senang karena program Diaspora Peduli dijalankan secara transparan dan akuntabel. Donasi dari diaspora akan diterima langsung oleh keluarga korban PHK, tanpa melalui perantara organisasi apapun atau komunitas.

"Semuanya transparan dan terekspos. Uang diterima langsung oleh keluarga pekerja yang ter-PHK. Itu sangat baik untuk menghindari hal-hal negatif. Saya dan keluarga juga berpartisipasi akan mendoasikan 50 dolar AS per bulan selama diperlukan," papar Cinta.

Program Diaspora Peduli diluncurkan pada Senin (18/5) di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, program Diaspora Peduli merupakan upaya untuk bergandengan tangan, mendekatkan hati dan berbagi rezeki antara para diaspora dengan masyarakat Indonesia, khususnya korban PHK dan yang dirumahkan.

"Diaspora Care ini kegiatan mengumpulkan donasi dari para diaspora untuk membantu saudara-saudara kita di Tanah Air yang terdampak pandemi COVID-19 khususnya pekerja ter-PHK dan dirumahkan, " kata Ida.

(prf/ega)