BNI Jadi Penyalur Donasi Diaspora kepada Pekerja Terdampak COVID-19

Yudistira Imandiar - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 19:32 WIB
BNI
Foto: BNI
Jakarta -

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan RI per 1 Mei 2020, terdapat sekitar 3 juta pekerja yang terdampak pandemi COVID-19. Jumlah tersebut terdiri dari pekerja sektor formal dan informal.

Melihat hal tersebut, Pendiri Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal bersama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI, berinisiatif untuk menggalang donasi dari Diaspora Indonesia untuk disalurkan kepada para pekerja yang kehilangan mata pencaharian.

Berdasarkan data dari 167 kantor perwakilan Luar Negeri RI, jumlah masyarakat Diaspora di perkirakan sebanyak 4,7 sd 8 juta jiwa. Donasi diaspora sebesar $50, dapat diberikan selama 3 bulan sampai dengan 1 tahun, dan disalurkan kepada penerima secara bulanan.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) ditunjuk sebagai mitra perbankan untuk program Diaspora Peduli melalui penyediaan virtual account, serta pembukaan rekening bagi penerima donasi.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto mengatakan, kerja sama ini membuktikan bahwa layanan Cash Management BNI kembali dipercaya untuk mengemban tugas penting. Beberapa waktu lalu, BNI berperan penting dalam transaksi yang dilakukan oleh para atlit dan officials dari Asian Games 2018 serta delegasi IMF Annual Meeting 2018 melalui fasilitas Virtual Account.

"Dalam rangka turut melawan pandemi virus ini, BNI dipercaya menjadi bank yang mengelola Rekening Donasi "Diaspora Peduli" melalui aplikasi BNI Direct dan Virtual Account. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan layanan kepada nasabah BNI," ujar Sis melalui keterangan tertulis, Senin (18/5/2020).

Launching Diaspora Peduli dihadiri oleh Pendiri Diaspora Indonesia Dino Patti Djalal, Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto, dan Deputy Country Director Indonesia Resident Mission Asian Development Bank Said Zaidansyah.

(akn/ega)