Foto '131 Penumpang Pesawat Positif Corona' Viral, Ini Penjelasan KKP Soetta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 17:05 WIB
Foto yang beredar di publik.
Foto yang beredar di publik. (Dok. Istimewa)

Anas menjelaskan tenaga medis yang memeriksa para penumpang pesawat tersebut merupakan personel dari KKP. Berdasarkan rapid test tersebut, sebut dia, sebanyak 131 penumpang reaktif Corona.

"Personel KKP dengan APD dan baju hazmat langsung melakukan penanganan screening kekarantinaan kesehatan, termasuk melakukan rapid test terhadap seluruh penumpang pesawat, dan terdapat 131 penumpang yang reaktif terhadap COVID-19," jelasnya.

"Kemudian seluruh penumpang pesawat dilakukan penanganan lebih lanjut di RS Darurat Corona Wisma Atlet. Begitu turun dari pesawat, penumpang langsung diantar ke RSDC Wisma Atlet, tidak melalui terminal penumpang," imbuh Anas.

Terpisah, SM of Branch Communications & Legal Bandara Soetta Febri Toga memastikan penerapan protokol karantina telah dilakukan terhadap pesawat Wamos Air yang datang dari Barbados. Bahkan, ia memastikan saat itu pesawat tidak diparkirkan di terminal penumpang, melainkan diarahkan menuju apron khusus.

"Sebelumnya pesawat berangkat dari Barbados, kami sudah mengetahui ada penumpang dengan positif COVID-19. Protokol khusus sebagai langkah antisipasi pun dijalankan. Pesawat tidak diarahkan merapat ke terminal penumpang, tapi diarahkan untuk parkir di apron yang telah ditetapkan untuk karantina dan isolasi pesawat," terang Febri.

"Kemudian, personel medis langsung melakukan pengecekan di lokasi tersebut. Setelah itu, dari apron tersebut penumpang langsung menuju RS Darurat Wisma Atlet," sambung dia.

Tonton juga video 'Hilir Mudik Penumpang di Terminal 2 Bandara Soetta':

[Gambas:Video 20detik]




selanjutnya
Halaman

(zak/zak)