Kerja di Tengah Pandemi, Para Pekerja Ini Terbantu GrabCar Protect

Nurcholis Maarif - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 17:01 WIB
Grabcar Protect
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Sebanyak 5.000 armada GrabCar Protect diluncurkan pada awal April lalu. Armada yang dibuat Grab ini untuk meningkatkan perlindungan driver dan penumpang Grab saat pandemi COVID-19.

Hingga saat ini, permintaan layanan ini dikatakan naik tiga kali lipat dari sebelumnya. Kehadiran GrabCar Protect pun turut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama yang masih bekerja di tengah pandemi.

Andi Chairiza, seorang media relations dari sebuah perusahaan dealer kendaraan di Makassar, mengaku saat pandemi ini layanan armada roda empat khusus seperti GrabCar Protect telah menjadi pilihannya untuk menjalani aktivitas perkantoran di luar rumah yang terkadang masih ia jalani.

Caca, sapaan akrabnya, sangat mengapresiasi layanan yang dihadirkan oleh GrabCar karena dilengkapi dengan partisi plastik pemisah antara mitra pengemudi dan penumpang.

"Di tengah situasi pandemi saat ini, menggunakan transportasi yang dapat menjamin kesehatan dan juga keamanan para penumpang telah menjadi sebuah solusi mobilitas saya," ujarnya dikutip dari situs Grab, Senin (18/5/2020).

"Dalam pengalaman saya menggunakan layanan GrabCar Protect ini, para mitra pengemudi sangat konsisten dalam menjaga kebersihan mobil serta menggunakan masker saat mengendarai kendaraannya," imbuhnya.

Hal senada dialami Latifa Zahara (25), seorang dokter gigi dari Jakarta. Profesinya merupakan satu dari sebagian pekerja formal yang harus melakukan aktivitas di luar rumah.

Zara mengaku merasa sangat terbantu dengan adanya GrabCar Protect di tengah pandemi COVID-19, terutama dari berbagai fitur yang dihadirkan.

Selain dilengkapi oleh partisi plastik yang membatasi mitra pengemudi dan penumpang, armada roda empat khusus ini juga dilengkapi oleh masker, sarung tangan, dan hand sanitizer yang membuat Zara merasa aman dan nyaman.

"Saya berharap agar pandemi ini dapat cepat berlalu. Namun, seperti yang kita ketahui, setelah pandemi pastinya akan ada fase pemulihan yang tentunya akan memakan waktu. Oleh karena itu, saya harap layanan GrabCar Protect ini tetap dapat digunakan dalam jangka panjang hingga situasi benar benar pulih," tutup Zara.

Selain itu, Deya Yulika Risti (30), seorang project manager dari sebuah perusahaan digital agency di Bandung juga merasa terbantu dengan adanya layanan transportasi armada roda empat khusus GrabCar Protect.

Bagi Deya, kebersihan maksimal di setiap unitnya telah membuat perjalanan antara rumah dan kantor menjadi lebih aman dan nyaman dalam menggunakan armada roda empat khusus di Bandung.

"Di saat saya menggunakan layanan ini, para mitra pengemudi kerap menyampaikan setiap fasilitas keamanan dan kesehatan yang ada di dalam mobil seperti partisi plastik, contactless kotak pembayaran, serta hand sanitizer yang bisa saya gunakan selama perjalanan," ujar Deya.

"Hal ini telah membuat saya tidak perlu kuatir dengan adanya penyebaran virus antara saya dengan mitra pengemudi," imbuhnya.

Sebagai informasi, setiap seminggu sekali, semua mitra pengemudi GrabCar Protect diberikan pelatihan ulang untuk sanitasi mandiri, mendapatkan pengisian ulang perlengkapan sanitasi seperti masker, hand sanitizer dan juga pembersihan armada mobil secara menyeluruh dengan disinfektan.

Layanan GrabCar Protect telah tersedia di Jakarta, Bandung, Medan, Makassar, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Semarang, Palembang, Lampung, Manado, Balikpapan, Banjarmasin, Mataram dan Pontianak.

(prf/ega)