Pertamina Salurkan Rp 17,2 M untuk Anak Panti, Disabilitas dan Lansia

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 16:44 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) menyalurkan bantuan senilai Rp 17,2 miliar yang diberikan kepada 40.224 anak panti asuhan, penyandang disabilitas (difabel), dan lansia di seluruh Indonesia melalui Program bertajuk Energi Tulus Tak Berhenti, Ramadhan Berbagi.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, bahwa Pertamina terus memperluas berbagai bantuan kepada kelompok masyarakat yang rentan terdampak COVID-19. Karena itulah dalam momen Ramadhan ini, Pertamina memberikan bantuan kepada anak-anak terlantar yang diasuh di berbagai panti asuhan, penyandang disabilitas di panti disabilitas, dan para lansia yang diasuh di panti Werdha

"Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk terus berbagi bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Di tengah pandemi ini, Pertamina Group terus menggalang kesetiakawanan sosial, saling membantu dan menguatkan, agar bisa sama-sama berjuang melawan virus Corona," ujar Fajriyah, dalam keterangan tertulis, Senin (18/5/2020).

Bantuan itu pun secara simbolis diserahkan di dua lokasi yakni di Panti Sosial Bina Netra dan Rungu Wicara Cahaya Batin dan Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1, pada hari Sabtu (16/5) lalu. Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Vice President (VP) CSR & SMEPP Pertamina Arya Dwi Paramita dan diterima oleh masing-masing ketua panti.

Menurut Fajriyah, berbagai bantuan yang disiapkan Pertamina tersebut antara lain paket sembako dan vitamin, hygiene kit, paket alat kebersihan, perlengkapan ibadah, paket pemberdayaan panti, makan siap santap, serta penyemprotan disinfektan. Pertamina juga memberikan bantuan untuk pemberdayaan panti seperti alat musik (drum elektrik), bibit dan pakan ikan, mesin jahit, bantuan bahan-bahan menyulam dan menjahit, bahan manik-manik untuk kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

"Selain bantuan untuk meningkatkan imunitas dan menjaga pola hidup bersih, Pertamina juga berharap bisa turut memberdayakan para lansia dan penyandang disabilitas agar tetap bisa produktif dan akan menjadi sasaran untuk dibina selanjutnya," imbuh Fajriyah.

Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1 Tarmijo Damanik menyambut baik bantuan dari Pertamina tersebut. Tarmijo menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pertamina yang telah memberikan perhatian kepada Panti Sosial Werdha yang saat ini memiliki sekitar 250 lansia. Di tengah COVID-19, para lansia ini rentan terganggu kesehatannya sehingga harus lebih ekstra dijaga daya tahan tubuhnya.

"Hampir semuanya di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1 ini 99% terlantar, artinya mereka sama sekali sudah tidak punya keluarga, dan status mereka saat ini semuanya sudah total care, yakni semuanya harus dilayani," pungkas Tarmijo.

(akn/ega)