Dukung Puskesmas Diperkuat, Wawalkot: Di Bogor Sudah untuk Surveillance Corona

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 16:09 WIB
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim
Foto: Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim (dok.Youtube Pemkot Bogor)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin agar puskesmas di daerah diperkuat untuk penanganan virus Corona (COVID-19). Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mendukung keinginan Jokowi itu.

"Kota Bogor setuju kalau mau ditingkatkan kepastian nya menjadi lebih baik lagi, kita siap dan dukung," Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, ketika dihubungi, Senin (18/5/2020).

Dedie mengatakan saat ini puskesmas di Bogor telah menjalankan fungsi surveillance atau pemantauan. Puskesmas, kata dia sudah difungsikan untuk melakukan pelacakan kontak dekat pasien positif COVID-19.

"Kalau puskesmas juga berfungsi sebagai fungsi surveilance. Fungsi surveillance itu adalah melakukan pemetaan jaringan PDP atau ODP dari kontak dekat positif COVID, lingkar dalam maupun keluarganya. Memang kita tugaskan itu puskesmas, gitu. Jadi memang saat ini tuh puskesmas kita fungsikan dengan fungsi surveillance untuk COVID, memang sudah berjalan," paparnya.

Dedie menambahkan 6 dari 25 puskesmas di Kota Bogor juga sudah bisa dipakai untuk rawat inap. Dia pun mengatakan Pemkot Bogor siap bila puskesmas yang ada ditingkatkan lagi.

"Artinya memang salah satu tulang dari sisi pencegahan maupun kuratif kesehatan itu adalah dimulai dari kesiapan puskemas sebagai jajaran terdepan pengelolaan kesehatan masyarakat," ucap Dedie.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2