Ketua MPR: Gotong Royong Adalah Kunci Menangkan Perang Lawan COVID-19

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 11:08 WIB
Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersyukur 'Konser Virtual Bersama Bimbo, Bersatu Melawan Corona' bisa mengumpulkan donasi Rp 4.003.357.815 pada malam kemarin. Menurutnya, ini bukti bahwa bangsa Indonesia dalam kondisi apapun tetap memiliki nilai-nilai Pancasila dan azas gotong royong.

"Alhamdulillah dari seluruh donasi yang masuk terkumpul uang sebesar Rp 4.003.357.815. Seluruh pendapatan uang hasil lelang akan disalurkan ke para seniman, pekerja seni, dan saudara-saudara lain yang terdampak pandemi COVID-19 melalui Yayasan Generasi Lintas Budaya. Mudah-mudahan bisa meringankan beban saudara-saudara kita," ujar Bamsoet di Jakarta (18/5/2020).

Kepala Badan Bela Negara FKPPI juga menyampaikan rasa haru atas derasnya partisipasi dari para seniman, pengusaha, maupun tokoh lainnya yang telah menyalurkan kepeduliannya dalam menyukseskan konser tersebut. Ia menekankan agar bangsa Indonesia tidak boleh kalah hanya karena pandemi.

"Jangan biarkan bangsa ini kalah oleh pandemi COVID-19. Penjajah saja mampu kita usir dengan bermodalkan tekad dan semangat juang. Gotong royong warga adalah kunci memenangkan perang melawan Covid-19," jelas Bamsoet.

Sebagai informasi, Konser 'Berbagi Kasih Bersama Bimbo' ini diinisiasi MPR RI, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 BNPB, Indika Foundation, GSI Lab, dan KADIN Indonesia. Serta didukung, Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS), KitaBisacom, BenihBaikcom, Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), dan Yayasan Generasi Lintas Budaya. Konser disiarkan langsung dari studio TVRI.

Penyelenggaraan konser dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Hanya Bimbo yang tampil live dari studio TVRI. Sedangkan penyanyi lainnya seperti Judika, Rosa, Lyodra, dan Via Vallen, serta sejumlah pejabat negara tampil secara virtual serta melalui rekaman video.

Dalam konser ini turut dilelang motor listrik merk Gesits Jokowi yang terjual dengan harga Rp 2,550 miliar. Lelang motor listrik produksi karya anak bangsa tersebut dimenangkan Bapak M. Nuh seorang pengusaha dari Kampung Manggis, Jambi.

Selain lelang motor Gesits milik Presiden Joko Widodo, turut juga dilelang berbagai barang lainnya, antara lain lukisan karya Nasirun yang dimenangkan Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar di harga Rp 500 juta, jaket Rigi produksi dalam negeri yang dimenangkan pengusaha nasional Christopher Ekajaya di harga Rp 500 juta, serta lukisan 'Macan' karya Iwan Suhaya yang dimenangkan Bambang Soesatyo di harga Rp 150 juta.

Tonton juga video Pasien Reaktif Corona Enggan Dijemput Ambulans, Pilih Motoran:

(mul/mpr)